Bentuk dan Ukuran Rumah Walet Yang Cepat Sekali Dihuni Dalam 1 Bulan


Bentuk dan Ukuran Rumah Walet Yang Cepat Sekali Dihuni Dalam 1 Bulan – Pada saat saya membuat tulisan ini banyak sekali orang membangun rumah burung walet, tiap bulan selalu ada saja bangunan burung walet yang baru menjulang tinggi dengan bentuk yang khas.

Kenapa orang berlomba-lomba membangun rumah burung walet ?

Tujuannya Cuma 1 yaitu mengambil sarang burung walet tersebut untuk dijual atau untuk di konsumsi di ambil manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Bentuk dan Ukuran Rumah Walet Yang Cepat Sekali Dihuni Dalam 1 Bulan

1 kunci kenapa orang yang membangun rumah burung walet banyak GAGAL, ada yang tau ?? kenapa ....

Mereka hanya ikut-ikutan karena tergiur harga jual sarang walet sangat fantastis tanpa tau ilmunya. Cara berbisnis yang benar itu tau ilmunya terlebih dahulu baru prakteknya.

Dialam burung walet hidup di gua-gua dan sekarang kehidupan burung walet banyak terganggu karena banyak pepohonan yang di tebang perusahaan menjadi lahan terbuka, panen sarang tanpa pilih oleh mereka yang mencari sarang burung walet ke gua-gua tanpa memikirkan masa depan populasi burung walet.

Oleh karena itu banyak burung walet yang lari ke rumah-rumah burung walet, lalu tugas kita sebagai pemilik rumah burung walet bagaimana caranya membuat rumah burung walet tersebut senyaman habitat aslinya, bukan senyaman perasaan kita manusia.

Banyak orang sekarang membuat atau membangun rumah burung walet tidak sesuai keinginan burung walet melainkan sesuai dengan keinginan pemiliknya, oleh karena itu seperti yang saya sampaikan sebelumnya ilmu terlebih dahulu baru praktek.

Bukankah anda akan merugi ketika rumah burung walet yang sudah di bangun tidak di tinggali burung walet seekor pun ??

Berapa uang hingga tenaga yang sudah terbuang sia-sia ketika hasilnya hanya 0 BESAR.

Kunci utama sukses budidaya burung walet adalah bagaimana caranya kita membuat rumah burung walet tersebut sesuai dan senyaman dengan habitat aslinya. Kita harus mengatur sedemikian rupa mulai dari suhu, kelembapan dan pencahayaan kurang lebih sama persis dengan gua.

SUHU

Standar suhu untuk rumah burung walet itu berkisar di angka 28 – 30 serajat C baik itu musim hujan dan musim kemarau.

KELEMBAPAN

Standar kelembapan ruang inap burung walet yaitu antara 80 – 95%, jangan melewati angka 95 karena yang akan bermasalah adalah papan siripnya cepat muncul jamur dan menjadikan burung walet enggan bersarang pada papan sirip yang berjamur.

PENCAHAYAAN

Alangkah baiknya jika anda mampu membuat pencahayaan rumah walet menjadi 3 tingkatan, mulai dari seperti gelapnya saat magrib, gelap sedikit lagi dan sangat gelap. Itu semua bisa di siasati menggunakan sekat kain hitam, tinggal anda atur pemasangannya agar mendapatkan 3 tingkat kegelapan seperti di atas.

Untuk ukuran dan bentuk rumah walet tidak ada masalah, ukuran apa saja dan bentuknya seperti apa saja yang penting 3 HAL di atas terpenuhi. Maka kumpulan burung walet akan berbondong-bondong datang ke rumah burung walet kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan dan jika ada pertanyaan bisa tinggalkan di kolom komentar di bawah, saya akan jawab secepat mungkin. Salam sukses.

2 Responses to "Bentuk dan Ukuran Rumah Walet Yang Cepat Sekali Dihuni Dalam 1 Bulan"

  1. selamat malam,

    berapa kayu yang diperlukan untuk bangunan ukuran 6 x 12, 4 tingkat dengan rincian tingkat pertama tinggi 3 mtr, tingkat ke 2 sd 4 tinggi masing2 2 mtr

    BalasHapus
  2. Tanyakan ke tukang bangunan aja pak,,,, mereka bisa menghitungnya,,, hehe
    kalau saya ini juga ga bisa hitung2nya

    BalasHapus