Ruang Inap Burung Walet Suka Disekat atau Tidak ?


Ruang Inap Burung Walet Suka Disekat atau Tidak ? - Perbandingan antara ruang inap yang menggunakan sekat dengan ruang inap yang tidak menggunakan sekat sangat terlihat jelas perbedaannya setelah saya menelusuri rumah-rumah burung walet yang ada di tempat saya.


Perhatikan gambar di atas adalah varian sekat dalam ruang inap / nesting room burung walet, buat teman-teman yang ada ide lain untuk pembuat bentuk sekat bisa aplikasikan pada rumah waletnya jangan takun untuk mencoba, karena jika tidak mencoba tidak akan pernah tau hasilnya,, hehe.

Rumah burung walet yang memakai sekat pada ruang inap lebih digemari burung walet, sangat terlihat jelas dari luar rumah burung walet dengan banyaknya burung walet yang berkeliling di sekitar rumah walet tersebut dan pada bagian dalam pula (ruang inap) posisi yang cepat di buat sarang oleh burung walet adalah bagian pojok pada setiap sekat yang dibuat.

Sekat itu ibarat kamar-kamar untuk mempermudah si burung walet mengingat di mana lokasi sarang yang telah dibuat / di tinggalinya, berbeda dengan ruang inap yang kosong melompong tanpa sekat akan membuat burung walet kebingungan karena terlalu luas.

Dari beberapa penelitian ternyata burung walet lebih suka ruang yang sempit (bukan artian kita harus membuat ruang inap kecil, tapi dibuat berkamar-kamar) karena di sana mereka merasa nyaman, sama halnya dengan kita manusia lebih enak di rumah yang sedang-sedang saja dari pada rumah yang sangaaat besar bisa juga membuat kita takut, was-was dan segala macam.

Untuk ruang inap teman-teman yang kecil bisa di buat 1 atau 2 sekat saja sudah cukup dan variasikan juga bentuknya seperti bentuk L, X, C, T dan lain-lain. Usahakan menggunakan kain hitam.

Oke sekian dulu pembahasan mengenai sekat pada ruang inap kali ini, semoga kedepannya saya menemukan trobosan terbaru agar membuat si burung walet cepat menginap dan bersarang. Salam sukses.

4 Responses to "Ruang Inap Burung Walet Suka Disekat atau Tidak ?"

  1. tinggi sekat gantung berapa cm pak dari atas lantai..terima kasih ilmunya pak

    BalasHapus
  2. Dari atas (papan sirip) menjuntai 50 cm saja

    BalasHapus
  3. Berapa jarak ideal dari sirip kesirip dan berapa jarak ideal sekat kesekat

    BalasHapus