Sarang Burung Walet Mampu Mengobati 3 Penyakit Ini


Sarang Burung Walet Mampu Mengobati 3 Penyakit Ini - Sudah lama di negara Asia Tenggara seperti China dan Negara lainnya, sarang burung walet dianggap sebagai salah satu sumber makanan paling bergengsi dan juga banyak menganduk manfaat untuk tubuh manusia. Khasiat tersebut telah didukung oleh riset yang dilakukan oleh para ilmuwan dunia.

Sarang Burung Walet Mampu Mengobati 3 Penyakit Ini

Makanan ini berasal dari sekresi kelenjar ludah spesies burung walet. Sumber makanan yang sering dijadikan sup ini didominasi oleh kandungan protein hingga sekitar 60 persen. Sisanya merupakan karbohidrat dan lemak. Selain itu, sarang burung walet juga mengandung asam amino, kalsium, natrium, dan kalium. Kandungan asam amino yang paling banyak terdapat di dalam bahan ini adalah serin, treonin, asam aspartat, prolin, dan valin. Kandungan nutrisi di dalamnya bervariasi, tergantung dari jenis dan tempat walet berkembang biak.

1. Mampu Mencegah Obesitas

Di dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa sarang burung walet merupakan bahan makanan yang memiliki aktivitas antioksidan dan anti peradangan. Penelitian dilakukan pada tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak. Tikus tersebut diteliti selama tiga bulan untuk melihat bagaimana dampak efek antioksidan dan anti peradangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet memiliki khasiat positif untuk mencegah terjadinya obesitas yang berkaitan dengan peradangan dan stres oksidatif pada tikus. Hal ini membuka peluang untuk menjadikan sarang burung walet sebagai suplemen pencegah obesitas pada manusia.

2. Mampu Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Diabetes

Penelitian lain yang juga menggunakan tikus sebagai bahan percobaan menunjukkan khasiat positif dari sarang burung walet. Studi kali ini menyoroti pemakaian sarang burung walet guna menurunkan risiko seseorang dari penyakit kardiometabolik terutama terkait dengan insulin, seperti diabetes. Hal ini terutama terjadi saat defisiensi estrogen terjadi, biasanya saat mengalami menopause.

Para penderita defisiensi estrogen memang telah banyak melakukan terapi pergantian hormon untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Hanya saja, terapi ini ternyata memiliki efek samping yang tidak ringan sehingga pemakaiannya tetap harus dibatasi.

Hasil studi ini kemudian menunjukkan bahwa sarang burung walet memberikan efek lebih besar dibandingkan pemakaian estrogen dalam hal peningkatan sensitivitas insulin, glukosa, dan menjaga keseimbangan lipid.

3. Berpotensi Dijadikan Obat Osteoarthritis

Salah satu potensi yang ditemukan para ilmuwan dalam sebuah penelitian adalah potensi sarang burung walet untuk dijadikan pengobatan penyakit osteoarthritis. Potensi tersebut didapat dari komponen tertentu pada sarang burung walet yang ditengarai bisa mengurangi perkembangan osteoarthritis dan membantu meregenerasi tulang rawan.

Sekian informasi mengenai Sarang Burung Walet Mampu Mengobati 3 Penyakit yang sudah di jabarkan di atas, jadi buat teman-teman yang memiliki rumah burung walet sendiri tidak ada salahnya mengkonsumsi sarang burung walet (jangan untuk jual terus :) ). Karena banyak manfaat yang terkandung dalam sarang burung walet, toh itu juga bahan alami tanpa efek samping.

0 Response to "Sarang Burung Walet Mampu Mengobati 3 Penyakit Ini"

Posting Komentar