Ini Dia Sebabnya Burung Walet Kabur Dari Gedung Walet Kita


Ini Dia Sebabnya Burung Walet Kabur Dari Gedung Walet Kita - Seperti teman-teman ketahui burung walet adalah burung yang sangat sensitif akan tempat tinggalnya. Mengetahui mengapa walet kabur dari rumah / gedung walet milik kita adalah salah satu hal yang perlu diketahui oleh kita semua sebelum memulai usaha pada bidang ini.

Ini Dia Sebabnya Burung Walet Kabur Dari Gedung Walet Kita

Salah satu tantangan bagi pembudidaya burung walet adalah menjaga walet tetap kembali ke sarang setiap petang usai mereka menjelajah angkasa mencari makan. Bukan hanya berharap burungnya kembali, kalau perlu burung walet dari sarang lain kabur lalu masuk dan bersarang di rumah walet kita, hehehe.

Pada habitat alami, burung walet bersarang di gua-gua lembab, kotor dan menjadi habitat menyenangkan bagi milyaran bakteri. Mereka menyukai hal ini bahkan tidak segan walet melakukan perjalanan jauh untuk mencari lokasi baru menuruti insting mereka akan lingkungan dibutuhkan. Jadi bila berbicara mengapa walet kabur dari sarang budidaya, adalah hal terpenting untuk mencatat hal tersebut.

Burung walet juga menyukai bangunan-bangunan kosong tidak berpenghuni bila bangunan itu sesuai dengan kebutuhan mereka untuk berkembang biak serta lingkungan sekitarnya menyediakan  serangga, makanan sehat bergizi bagi walet, cukup bagi mereka untuk tidak kabur. Hal ini merupakan sesuatu yang perlu diketahui pembudidaya burung walet untuk menjawab pertanyaan mengapa walet kabur dari sarang ?

Burung walet, sama seperti beberapa jenis binatang lainnya, memiliki daya ingat sangat kuat mengenai posisi dengan memanfaatkan cahaya dan sudut cahaya matahari, lokasi benda-benda disekitar, serta suara sebagai navigasi. Hal ini menyebabkan mereka mampu kembali ke sarang dengan cepat, terbang pada kecepatan tinggi, meliuk-liuk tanpa menabrak benda apapun bahkan menghindar dari benda bergerak.

Bueung walet membutuhkan lingkungan yang stabil. Ketika terjadi perubahan pada bangunan tempat dimana mereka bersarang, akibat renovasi atau penambahan beberapa sekat yang dimaksudkan untuk menjadi tempat walet meletakkan sarang burung atau penebangan pohon tinggi di sekitar gedung walet atau penambahan sekat kain secara tiba-tiba, suara inap / panggil tiba-tiba hilang. maka dapat di pastikan burung walet kaget dan merasa bingung dengan posisi baru.

Bila perubahan pada bangunan tersebut tidak bisa diterima oleh insting walet, dimana mereka menganggapnya bahwa bangunan yang dimasuki bukanlah tempat mereka, maka kemungkinan yang terjadi adalah mereka akan kabur atau hijrah mencari bangunan lain yang baru. Namun jika perubahan masih dalam ambang biasa, maka mereka akan tetap disana tidak kabur.

Kasus paling fatal adalah perubahan pada void sarang. Hilangnya jalan masuk yang biasa dilewati walet bisa menyebabkan walet bingung dan menganggap bahwa mereka telah tersesat, bukan kabur. Jadi sebelum melakukan perubahan pada bangunan, atau perubahan besar lainnya. Oleh karena itu sebelum melakukan perubahan sebaiknya pikirkan matang-matang terlebih dahulu atau minta pendapat pada orang yang sudah berpengalaman.

0 Response to "Ini Dia Sebabnya Burung Walet Kabur Dari Gedung Walet Kita"

Posting Komentar