RAHASIA Agar Walet Cepat Inap dan Betah


RAHASIA Agar Walet Cepat Inap dan Betah - Hampir semua pemilik rumah walet baru dan lama mencari-cari rahasia bagaimana caranya agar burung walet cepat menginap, betah dan kemudian membangun sarang di sana dan hal tersebut selalu menjadi pertanyaan orang yang bergelur di bidang perwaletan.

RAHASIA Agar Walet Cepat Inap dan Betah

Berikut ini saya rangkum beberapa tips dari pakar walet Indonesia, bagaimana caranya agar burung walet cepat menginap, betah dan membangun sarang.

  • Memutar suara inap 24 jam (ini sudah pasti) dan semuanya pasti demikian
  • Bagaimana caranya kita harus membuat suhu dan kelembapan ruang inap mirip dengan habitat aslinya yaitu suhu berkisar 24-26 derajat dan kelembapan berkisar 80-90%. Entah itu menggunakan kolam, beskom air, mesin pengabut dan sebagainya
  • Memasang sarang imitasi, busa, besek atau kawat ram parabola

Dari semua tips di atas yang sering bermalah pada rumah burung walet adalah suhu, kelembapan dan papan sirip.

Untuk rumah burung walet bangunan kayu lebih jenderung panas walaupun dinding sudah 3 lapis (dari pengalaman pribadi) dan untuk menyiasati hal tersebut kami menggunakan mesin pengabut, kalau ada yang berminat dengan mesin pengabut bisa hubungi kami via sms ke Contact Center yang ada.

Untuk rumah walet dari beton atau bata merah mungkin agak sedikit dingin dari bangunan kayu, namun tidak ada salahnya juga jika ingin menggunakan mesin pengabut dan itu menambah daya tarik / daya pikat tersendiri untuk walet dan itu sudah banyak yang mengaplikasikannya pada rumah burung walet mereka.

Papan sirip !!

Ketika burung walet enggan bersarang berarti ada sesuatu yang salah dengan papan sirip, dari kasus-kasus yang pernah saya ketahui, ada yang papan siripnya tidak di serut jadi burung walet kesulitan hinggap mencengkram di papan sirip.

Ada yang papan siripnya dari kayu batu atau ulin, ini akan lebih licin lagi dari pada kayu biasa dan kebanyakan yang memakai papan sirip dari ulin sarang burung waletnya tidak bisa menempel dengan sempurna (berjatuhan kelantai).

Buat yang sudah terlanjur papan siripnya tidak di serut silahkan pilih 4 pilihan di atas mau di pasang sarang imitasi atau busa atau besek atau kawat ram parabola.

Dari pengalaman yang sudah - sudah lebih baik menggunakan busa karena lebih mudah dari segi pemasangan cuma menggunakan lem dan juga murah. Itu semua tujuannya hanya untuk mempermudah burung walet hinggap dan membangun sarang.

Ketika populasi burung walet sudah meningkat padat busa-busa yang di tempel sebelumnya sebagai pemancing tinggal di lepas and DONE.

Itu saja informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan salam sukses walet Indonesia.

2 Responses to "RAHASIA Agar Walet Cepat Inap dan Betah"