Trik Agar Koloni Walet Ramai Menginap


Trik Agar Koloni Walet Ramai Menginap - Itu adalah tanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para calon pengusaha walet kepada saya baik itu melalui telpon maupun sms. Apakah cukup dengan membeli suara panggildan suara inap yang terbaik burung walet mau langsung datang lalu menginap ??, jawabannya adalah belum pasti. 

Trik Agar Koloni Walet Ramai Menginap

Perlu diketahui ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat tidaknya perkembangan populasi walet di sebuah RBW (Rumah Burung Walet), salah satunya penggunaan suara panggil yang berkualitas bukan gratisan yang tersebar di internet, namun itu saja belum dianggap cukup untuk mendongkrak percepatan populasi walet di sebuah RBW. 

Jika diumpamakan suara panggil walet itu seperti layaknya iklan di radio yang mengenalkan sebuah tempat atau produk baru kepada semua orang, tentu bunyi atau pengambaran iklan itu akan dibuat sangat menyita perhatian para pendengarnya, sehingga pendengar radio tersebut tertarik untuk datang atau membeli produk yang ditawarkan.
Pertanyaannya apakah setelah produk diiklankan di sebuah stasiun radio pasti akan meningkat penjualannya ??. Jawabanya pasti belum tentu, karena selain faktor iklan yang menarik, produk yang ditawarkanpun harus sesuai iklan yang ditayangkan, jika expektasi atau harapan konsumen terhadap produk yang ditawarkan memang sesuai dengan fakta, jelas produk tersebut pasti meningkat penjualannya, tapi jika tidak maka iklan yang heboh belum tentu meningkatkan pejualan sebuah produk.

Anggap saja suara panggil adalah iklan yang menunjukkan kepada para burung walet bahwa disini ada RBW baru, kemudian sesaat setelah di putar para walet mulai berdatangan, berputar-putar disekitar sumber suara, kemudian ada beberapa ekor mulai berani memasuki LMB (Lubang Masuk Burung) tak berapa lama keluar lagi dan masuk lagi, aktifitas walet masuk keluar LMB ini berlangsung beberapa hari. Kita pasti tersenyum puas karena suara panggil yang dibelinya mahal-mahal ternyata mampu mendatangkan koloni walet di RBW yang baru dibangun.

Setelah 3 bulan telah berlalu, penasaran dengan perkembangan RBW, coba masuk ke dalam RBW, setelah berkeliling di setiap lantai tak satupun ada walet yang membuat sarang, tidak ada juga bakal sarang, tumpukan kotoran pun tidak ada, yang ada hanya bekas kotoran walet menempel di dinding dekat LMB. Kalau sudah begini siapa yang disalahkan ?, apakah suara panggilnya tidak cocok ?, apakah harus ganti dengan suara yang lebih bagus lagi ??.
Berapa kali ganti suara pun tidak akan ada perubahan, karena masalahnya bukan di suara panggil, tapi ada pada RBWnya, untuk mengetahui apakah suara panggil itu bagus atau tidak sebenarnya cukup mudah, hanya tinggal lihat respon walet setelah mendengar suara tersebut, apakah banyak walet datang mendekat setelah suara di putar, apakah walet mulai mengikuti atau menirukan suara yang diputar, bahkan mungkin ada walet yang hinggap di tweeter LMB, jika  YA berarti suara panggil tersebut bagus dan layak digunakan, untuk kasus diatas suara panggil yang di pakai sudah bagus karena walet banyak datang dan keluar masuk LMB, tapi kenapa setelah 2-3 bulan belum ada yang membuat sarang?, jawabannya pasti ada yang salah pada RBWnya, mungkin tata ruangnya salah, tata cara penggunaan suara waletnya salah, tata letak tweeternya salah, suhu dan kelembapannya salah, ukuran lubang turun antar lantai (void) yang salah, adanya penghalang arus terbang burung walet dsb.

Seperti contoh pengambaran iklan radio diatas, iklannya bagus tapi produknya jelek, jadi pelanggan mencoba beli sekali tapi tidak membeli lagi untuk yang kedua dan seterusnya karena kecewa, ternyata produk yang dibeli tidak sebaik yang diiklankan, dalam hal ini suara waletnya bagus walet mau datang, tapi setelah masuk RBW ternyata tak senyaman RBW asalnya jadi walet yang sudah datang tidak mau menginap, dan kembali lagi ke RBW asalnya.
Buat yang ingin konsultasi bisa mengkonsultasikannya kepada kami melalui Contact Center yang ada di blog ini dan untuk pemesanan audio walet kami bisa sms langsung ke Contact Center kami. Tuliskan nama dan alamat lengkap penerima, serta nomor telpon yang aktif, dan sebutkan nama paket atau nama produk suara walet yang akan dipesan.

Kami akan segera memberikan konfirmasi tentang ketersediaan stok, harga, dan ongkos kirimnya GRATIS untuk seluruh Indonesia.

46 Responses to "Trik Agar Koloni Walet Ramai Menginap"

  1. Sama2 gan,,,, terima kasih kunjungannya

    BalasHapus
  2. bw cuma mutar mutar lmb apa penyeb ab nya bos mohon masukan dan sara n nya

    BalasHapus
  3. Rumah burung walet baru memang seperti itu, nanti dengan sendirinya burung walet akan berani masuk hari demi hari,,,, sabar aja pak hingga 3 bulan

    BalasHapus
  4. ingin konsultasi mengenai RBW bos....boleh kah ?

    BalasHapus
  5. ingin tau cara buat RBW biaya kecil bos !.....

    BalasHapus
  6. Kalau mau biaya kecil berarti ukurannya rbwnya kecil juga,,,,

    BalasHapus
  7. Klw ukuran rbw walet 4 x 5 terbuat dari kayu atau papan apakah waletnya bisa nginap yaa gan....tpi stelah putar audionya sudah ada yg nyambar di lmb bahkan uda ada yang masuk tpi msalhx brungx blom nginap gan...bru di putar 10 hari gan...apakh ada ciri2 keberhasilan gan walupun dari rumah papan..mksh

    BalasHapus
  8. Bisa,,,, hasil akan kelihatan setelah 3 bulan, jangan di masuki ruang inap dalam waktu 3 bulan. Nanti setelah 3 bulan baru buka kalau ada kotoran walet numpuk itu tanda keberhasilan

    BalasHapus
  9. Pemasangan tweter yg benar gan

    BalasHapus
  10. Baca di sini ..>>
    http://burungwaletkalimantan.blogspot.co.id/2016/03/3-tata-cara-dasar-pemasangan-tweeter-inap-walet.html

    http://burungwaletkalimantan.blogspot.co.id/2017/06/arah-dan-cara-pemasangan-tweeter-walet-yang-benar-ampuh.html

    http://burungwaletkalimantan.blogspot.co.id/2016/08/tempat-pemasangan-tweeter-tarik-yang-ampuh-nyedot.html

    http://burungwaletkalimantan.blogspot.co.id/2016/08/beginilah-pengarahan-tweeter-inap-yang-tepat-6-tips.html

    BalasHapus
  11. Utk suara panggil perlu seberapa besar volume nya bos?

    BalasHapus
  12. Di sekitar rumah saya banyak burung walet seliweran setiap pagi&sore pertanyaan saya
    Jika di bangun RBW uk kecil dari papan apakah ada kemungkinan burung walet yang masuk dan bersarang ?

    BalasHapus
  13. halo gan saya ingin bertanya bagai mana cara/apa penyebab burung walet hanya keluar masuk dan tidak menetap di RBW...TRIMA KASIH

    BalasHapus
  14. Ada banyak penyebab,,,, salah satunya kondisi bagian dalam rumah walet belum sesuai,,,, misalnya masih panas, belum terlalu sesuai dengan habitat aslinya

    BalasHapus
  15. Cara menurunkan kelembaban yg berlebihan di rbw gimana bos

    BalasHapus
  16. lokasi saya banyak pohon tinggitapi banyak burung walet saat pagi dan sore cari mkan apakah bagus dibuat RBW?

    BalasHapus
  17. Saya punya kamar di lantai 2 ukuran 5x5,mau dijadikan RBW. Sudah cek lokasi hasilnya ratusan BW berkumpul, apakah mungkin kamar dijadikan RBW?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat mungkin pak,,,, sudah banyak yang sukses hanya bermodalkan lantai 2 rumahnya

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengeceknya bisa menggunakan suara panggil burung walet, kalau banyak yang datang dan berkumpul berarti ada potensi sukses jika di bangunkan rbw

      Hapus
  19. Ditempat saya ada banyak burung sriti sore hari tpi tdk tahu apakah ada bw,apakah dgn adanya burung sriti menandakan adanya bisa adanya bw dan bisa d bangun rbw? Bantu jwb gan, makasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengeceknya bisa menggunakan suara panggil burung walet, kalau banyak yang datang dan berkumpul berarti ada potensi sukses jika di bangunkan rbw

      Hapus
  20. Baru buka 1 bulan 4 hari walet sudah menginap 8 biji apakah bagus perkembanganya?

    BalasHapus
  21. Baru buka 1 bulan 4 hari walet sudah menginap 8 biji apakah bagus perkembanganya?

    BalasHapus
  22. Gan saya mau minta denah cara pemasangan spiker inap ukuran RBW 5m x 10m

    BalasHapus
  23. Gan kalau mau tanya tanya sekalian minta solusi rbw ada kontak kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan klik tombol WA yang ada di blog ini langsung terhubung ke WA saya

      Hapus
  24. Assalamualaikum,sy mencoba sebuah kamar berukuran 3x2,5 m untuk di jadikan rbw,setelah pasang suara panggil(sy TDK pake suara inap) jadi satu suara untuk panggil dan inap,setelah pasang suara hari pertama ada 1 ekor menginap,dan sekarang hari ke 2 SDH 2 ekor menginap,apakah ini respon yg bagus dari burung walet THD rbw ini?mohon penjelasannya pak,terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam,,,,
      Sudah baik, namun akan lebih baik jika di pisah suara panggil dan inap beda2

      Hapus
  25. Apakah bisa satu jenis suara untuk panggil dan inap sekaligus?

    BalasHapus
  26. Gedung walet saya sudah hampir 1th tapi baru berisi 4 ekor sudah bertelor semua,yang saya tanyakan apakah gedung rbw saya masih ada harapan untuk di lanjutkan,sedangkan sudah satu tahun baru 4 ekor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa pak.... maksimalkan lagi baik dari segi suara, suhu, parfum, peletakan sekat dan sebagainya

      Hapus
  27. Gedung walet saya sudah berjalan 5 bulan, tapi belum ada sarang. Kotoran walet nya sudah ada,tapi tidak menumpuk. itu kira2 apa yg salah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti masih belum ada yang bermalam, cuma masuk dan keluar, kesalahan mungkin pada suhu, papan sirip dan suara

      Hapus
  28. saya berada di malang jatim .nah rumah saya tepatnya di singosari .malang.
    kemudian saya juga mempunyai rumah di daerah lawang malang.lama mau saya jual belum laku2.seteh lama tidak di huni atau di kontrakkan .sekarang ada sarang walet sudah beranak dua kali .dan tambah ada sarang menjadi tiga .
    pertanyaanya .harus bagaimana sikap saya .padahal niat tetap mau di jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keputusan ada di tangan bapak.... mana yang terbaik menurut bapak, kalau ragu shalat istikharah aja

      Hapus
  29. Ijin tanya pak,rumah walet sy hari pertama dinyalakan suara panggil.respon burung sore hari sangat bagus,byk burung mendekat dan keluar masuk.tp hanya bertahan 2 hari yg burung rombongan datang hari ke tiga sepi hanya beberapa ekor saja yg datang dan pergi lagi.kira2 apa mslhnya ya pak

    BalasHapus