Mau Tau Kenapa Burung Walet Pindah atau Kabur ?


Mau Tau Kenapa Burung Walet Pindah atau Kabur ? - Rumah burung walet yang sudah susah payah di bangun dengan modal yang tidak sedikit bahkan sebagian minajm dari bank dan sudah mengecapi manisnya panen sarang burung walet beberapa kali namun akan sangat menyakitkan hati ketika burung walet pindah / bubar dari rumah burung walet kita secara drastis.

Penyebab pindahnya burung walet pada rumah burung walet itu berbeda-beda tergantung permasalah yang dihadapi pada rumah burung walet tersebut.

Mau Tau Kenapa Burung Walet Pindah atau Kabur ?

Burung walet yang akan membuat sarang pada rumah burung walet akan melakukan pengecekan terlebih dahulu, mereka akan mencari serta memilih lokasi yang tepat, aman dan nyaman bagi mereka dan apabila sudah diputuskan suatu tempat tertentu maka sepasang burung walet akan segera membangun sarang mereka secara perlahan.

Tapi ada peristiwa ketika sarang burung walet baru separo di bangun malah di tinggal pergi.

Ada 2 faktor kenapa burung walet kabur / berpindah, yaitu faktor dalam dan faktor luar.

Faktor dalam - berasal dari dalam rumah burung walet :
  • Adanya hama pengganggu yang membuat burung walet tidak nyaman
  • Papan sirip basah akibat atap bocor / bak penampungan air bocor
  • Kelembapan dan suhu yang berubah drastis
  • Ada tweeter yang rusak / tidak mengeluarkan bunyi / flashdisk rusak / alat mesin audio walet rusak
  • Penangan yang salah pada saat panen, seperti panen rampasan dan panen buang telur

Faktor luar - berasal dari luar rumah burung walet :
  • Terjadi kebakaran di sekitar rumah burung walet
  • Terjadi bencana alam seperti banjir / gempa bumi
  • Berubahan drastis lingkungan sekitar rumah burung walet, seperti penebangan pohon, tiba-tiba ada bangunan tinggi di samping, dll

Selain 2 faktor tersebut ada faktor lain yang membuat gedung ditinggal oleh penghuninya, yaitu regenerasi walet yang tidak berjalan secara baik. Walet tua akhirnya mati. Walet muda yang tersisa pindah ke daerah lain.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, pengontrolan lingkungan dan perhatikan khusus terhadap perkembangan walet dalam gedung perlu diamati setiap waktu. Kita sebagai pemilik harus jeli dan mahir dalam mengolah masalah yang dihadapi dalam proses pembudidaya burung walet. Bangun komunikasi yang baik antar sesama pemilik rumah burung walet di daerah kita agar bisa saling bertukar pikir dan pendapat.

Sekian dulu dari saya dan apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi saya melalui contact center yang tertera di blog ini atau tinggalkan komentar di setiap artikel yang kurang jelas. Salam sukses

0 Response to "Mau Tau Kenapa Burung Walet Pindah atau Kabur ?"

Posting Komentar