Efektifkah Buah atau Kulit Buah Yang Digantung Dekat LMB Walet ?


Efektifkah Buah atau Kulit Buah Yang Digantung Dekat LMB Walet ? - Dari pengalaman sendiri juga teman-teman sesama pembudidaya burung walet kami sering sekali sharing berbagi pengalaman dan uji coba pada rumah burung walet sendiri dengan 1 tujuan yaitu agar koloni rumah burung walet kita cepat meningkat, cepat meningkat cepat juga panen, cepat panen sarang walet cepat dapat uang,,,, hehe.

Kembali ke pembahasan, menggantung buah atau kulit buah di dekat LMB tujuannya adalah agar muncul lalat buah kecil yang nantinya menjadi makanan burung walet sekalian sebagai daya tarik untuk burung walet baru agar terpikat.

Efektifkah Buah atau Kulit Buah Yang Digantung Dekat LMB Walet ?

Dan ternyata hasilnya dari pengamatan dan pengalaman kami buah atau kulit buah-buahan tersebut tidak mengeluarkan ulat dan juga tidak mendatangkan serangga kecil lalat buah.

Kenapa ??

Ternyata baru kami sadari bahwa lalat buah adalah binatang kecil yang mana terbangnya paling tinggi cuma 1 meter dari tanah kalau tinggi pada 1 meter lalat buah ini tidak mampu bertahan terhadap terpaan angin, apalagi di atas yang jauh di sana dekat LMB.

Jadi penyediaan buah atau kulit buah untuk mendatangkan serangga untuk makanan burung walet adalah hal yang sia-sia saja karena hasilnya NOL BESAR.

Bagaimana dengan meletakkan buah atau kulit buah pada ruang inap ?

Menaroh buah atau kulit buah di ruang inap sama saja tidak efektif sebab tidak mendatangkan apa-apa, baik itu lalat buah maupun serangga lainnya karena rumah burung walet itukan tertutup rapat dan satu-satunya jalan masuk yang selalu terbuka adalah LMB. Mana mungkin lalat buah terbang tinggi lalu masuk lewat LMB untuk mendatangi buah yang busuk.

Kalau pakan walet yang dijual di pasaran, bagaimana ?

Pakan walet sangat bagus karena di dalam pakan sudah ada bibit lalat buah jadi ketika pakan walet di olah dalam waktu 1 minggu akan bermunculan ulat yang kemudian berubah menjadi lalat buah lalu terbang. Namun yang harus diperhatikan adalah bau yang dikeluarkan dari pakan burung walet sebab pakan walet yang mengeluarkan bau tidak sedap akan membuat burung walet tidak betah bahkan kabur.

Jadi belilah pakan burung walet yang berkualitas.

Itu saja yang dapat saya sampaikan pada pagi hari ini semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Salam sukses.

2 Responses to "Efektifkah Buah atau Kulit Buah Yang Digantung Dekat LMB Walet ?"

  1. BAGAIMANA DENGAN BUAH POKOK ARA/ FIG TREE?.. POKOKNYA TINGGI2 TETAPI BUAHNYA DIPENUHI LALAT BUAH. BANYAK BURUNG WALET BERTERBANGAN DI ATAS POKOK ARA/FIG UNTUK MENCARI PAKAN.

    BalasHapus
  2. Kemungkinan bagus kalau demikian penjelasan bapak, silahkan di coba pak tidak ada salahnya....

    BalasHapus