7 Alat Pendingin Gedung Walet Agar Suhu dan Kelembapan Tetap Stabil


7 Alat Pendingin Gedung Walet Agar Suhu dan Kelembapan Tetap Stabil - Salah dalam merancang rumah atau gedung burung walet bisa mengakibatkan suhu di dalam rumah burung walet sangat panas dan kelembapannya pun menurun yang mana tentunya sangat berlawanan dengan habitat asli burung walet karena burung walet menyukai tempat tinggal yang sejuk dan apabila kita berhasil merancang rumah burung walet yang sejuk sudah dapat dipastikan akan banyak burung walet yang menginap.

7 Alat Pendingin Gedung Walet Agar Suhu dan Kelembapan Tetap Stabil

Ada banyak sekali orang yang bermasalah dengan panas pada rumah burung walet mereka itu terjadi karena terlebih dahulu membangun dari pada mengetahui dan menguasai ilmu tentang sukses burung walet.

Berikut ini beberapa alat yang membantu mendinginkan gedung walet agar walet betah adalah :

Cat putih

Apapun bangunannya baik itu papan ataupun beton sebaiknya bagian luar gedung dicat dengan cat berwarna putih sebab warna putih dalam ilmu IPA mampu menolak panas dibandingkan dengan cat warna lain, apalagi sampai tidak dicat malah dinding cepat menyerap panas matahari.

Sterofoam

Memberi lapisan sterofoam / busa / gabus pada dinding rumah burung walet terbukti mampu mengatasi suhu yang tinggi dari luar rumah burung walet, paling minimal yang tebal 2 cm lebih tebal lebih bagus lagi. Sterofoam bisa di beli di toko bangunan bentuknya lebar seperti triplek.

Alumunium foil

Ini juga di tempelkan pada dinding rumah burung walet di samping dengan sterofoam kita bisa melapisinya lagi dengan alumunium foil, cara ini sudah sangat terbukti pada rumah burung walet kami. Suhu didalam rumah walet cuma 20 derajat padahal di luar panas matahari sangat terik yang mana kalau kena kulit rasa di gigit ribuan semut.

Lubang udara

Pembuatan lubang udara pada rumah burung walet bisa sesuai selera ada yang menggunakan pipa ada juga yang bentuknya persegi panjang, semua sama dengan tujuan agar adanya pergantian udara dalam rumah burung walet.

Membuat kolam atau besom berisi air

kolam atau beskom yang berisi air akan menguap dengan sendirinya sehingga membuat ruangan rumah walet menjadi sejuk, bisa juga ditambahkan kipas yang dihadapakan ke permukaan air dengan tujuan agar sejuknya air merata ke smua rungan.

Mesin pengabut

Penggunaan mesin pengabut tidak terlalu disarankan untuk rumah burung walet yang dari kayu karena di khawatirnya nantinya kayu ditumbuhi jamur lalu lapuk.

Blower

Adalah mesin pendorong udara yang di kombinasikan dengan mist maker (pembuat kabut) yang mana di rakit menjadi 1 mesin mendorong kabut air ke semua ruang inap melalui jalur pipa. Alat ini terbilang mahal karena membutuhkan banyak pipa, mesin blower dan mesin mist maker.

Itu saja yang dapat penulis sampaikan pada hari ini tentang 7 Alat Pendingin Gedung Walet Agar Suhu dan Kelembapan Tetap Stabil, semoga bermanfaat dan salam sukses.

2 Responses to "7 Alat Pendingin Gedung Walet Agar Suhu dan Kelembapan Tetap Stabil"