4 Cara Agar Populasi Walet Bertambah Berkembang Koloninya


4 Cara Agar Populasi Walet Bertambah Berkembang Koloninya - Semua dari kita pemilik rumah burung walet pasti ingin setiap hari, bulan dan tahun ada perkembangan dari rumah burung walet milik kita yaitu bertambahnya populasi burung walet dan tujuannya pasti cuma 1 yaitu ingin panen sarang burung walet yang banyak = dapat uang banyak hehe,,,,

4 Cara Agar Populasi Walet Bertambah Berkembang Koloninya

Umumnya untuk rumah burung walet berumur 2 tahun yang berukuran apa saja panen setiap bulan sekitar 2 kg, cepat lambatnya perkembangan rumah walet itu tergantung pada si pemilik rumah burung walet.

Kenapa saya bilang tergantung pada pemiliknya karena dari yang saya perhatikan ada pemilik rumah burung walet yang suka mencari ilmu baru lalu mengaplikasikannya pada rumah burung walet miliknya dan ada juga pemilik rumah walet yang cuma menikmati hidup, tidak belajar ilmu tentang walet, tidak melakukan percobaan pada rumah waletnya tapi mau rumah waletnya memproduksi puluhan kilo sarang walet, itu sangat mustahil.

Mau sukses itu harus ada usaha.

Berikut Ini 4 Cara Agar Populasi Walet Bertambah Berkembang Koloninya :

Jangan terapkan sistem panen buang telur dan rampasan, karena sistem ini merusak atau memutuskan regenerasi burung walet dan pastinya juga koloni akan sangat lambat bertambah jika mengharap burung walet baru dari luar.

Buat suhu ruangan lebih stabil lagi dengan menggunakan mesin pengembun atau beskom berisi air atau air dalam beskom kombinasi dengan kipas dan tehnik lainnya agar suhu ruangan tetap stabil, terlebih lagi di saat musim kemarau.

Sediakan juga pakan tambahan bisa dengan membeli pakan tambahan yang sudah tersedia di pasaran maupun toko online atau membuat sendiri dari bekas sisa kulit buah. Dengan adanya makanan tambahan di dalam ruangan rumah burung walet membuat sang induk walet tidak perlu jauh-jauh mencari makan untuk sang anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan itu juga mempengaruhi walet-walet muda untuk cepat kawin dan membangun sarang.

Jangan lupa parfum sebab ini salah satu yang terpenting apalagi setelah memetik sarang burung walet sangat di wajibkan menyempotkan parfum di bekas sarang menempel dan di samping-sampingnya dengan tujuan agar burung walet tidak terlalu stress dan cepat membangun sarang baru lagi.

Demikianlah Cara Agar Populasi Walet Bertambah Berkembang Koloninya yang dapat saya sampaikan, memang secara teori sangat mudah namun prakteknya sangatlah sulit karena kita juga harus sabar sekaligus memperhatikan perkembangannya. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan salam sukses walet Indonesia #72.

4 Responses to "4 Cara Agar Populasi Walet Bertambah Berkembang Koloninya"

  1. Gedung saya baru beroperasi 8bln,bulan ke 4 sudah ada 3 sarang,skrng sudah menetas,burung banyak yg masuk tp kok belum ada penambahan sarang ya

    BalasHapus
  2. Lmb sya mgkn krang besar 2x1.8vdan tinggi nya 1.2..dgn ukun rbw nya 4x6...dan terlalu nongol kanopi atap nya.. sy mau nanya pengaruh sekali itu sdr..

    BalasHapus