Bisakah Kotoran Burung Walet Dijadikan Pupuk ?


Bisakah Kotoran Burung Walet Dijadikan Pupuk ? - Kotoran burung walet bisa digunakan sebagai pupuk. Dan umumnya dinamakan dengan sebutan "Guano". Hal ini telah lama dilakukan oleh bangsa Peru sekitar tahun 1800 an.

Guano ini sendiri asalnya dari bahasa Spanyol "wanu", artinya adalah kotoran, khususnya kotoran dari burung-burung laut dan kelelawar.

Bisakah Kotoran Burung Walet Dijadikan Pupuk ?

Untuk kelebihan dari pupuk guano ini antara lain :

  • Mengandung bakteria yang bermanfaat untuk tanaman sebagai fungisida
  • Memiliki kandungan NPK yang cocok apabila digunakan sebagai pupuk
  • Mapat digunakan pada semua jenis tanaman
  • Ramah lingkungan
  • Bisa digunakan sebagai aktifator pembuatan kompos

sedangkan kelemahannya adalah harganya cenderung lebih mahal bila di compare dengan pupuk organik jenis lain. Namun buat pemilik gedung / rumah burung walet dan mempunyai hobi berkebun tidak perlu kesana kemari lagi mencari pupuk, tidak perlu beli pupuk tinggal ambil dari rumah burung walet punya sendiri.

Memang belum banyak orang yang mengetahui maupun menerapkan kotoran burung walet ini sebagai pupuk terlebih lagi di tempat saya, orang taunya cuma kalau kotoran walet itu dijadikan parfum untuk pemancing rumah burung walet yang baru.

Saya berharap setelah teman-teman membaca artikel ini untuk tidak membuang kotoran burung walet secara sia-sia. Alangkah baiknya jika di manfaatkan.

3 Responses to "Bisakah Kotoran Burung Walet Dijadikan Pupuk ?"

  1. apakah dari pupuk kotoran sriti atau walet bisa di aplikasikan pada teknik budidaya perikanan kak mohon saya lagi belajar tentang pupuk sriti dan walet

    BalasHapus
  2. apakah dari pupuk kotoran sriti atau walet bisa di aplikasikan pada teknik budidaya perikanan kak mohon saya lagi belajar tentang pupuk sriti dan walet mohon bimbingannya

    BalasHapus
  3. Belum ada pengalaman kalau untuk perikanan

    BalasHapus