Aneka Macam Cara Mudah Membuat Pakan Burung Walet


Aneka Macam Cara Mudah Membuat Pakan Burung Walet - Memang burung walet mencari makanan mereka sendiri di daerah persawahan, hutan pantai, sungai, dan tempat-tempat lain. Tapi untuk mendapatkan sarang burung walet yang memuaskan (tebal dan besar) maka pemilik rumah burung walet harus menyediakan makanan tambahan, terlebih lagi si musim kemarau.

Aneka Macam Cara Mudah Membuat Pakan Burung Walet

Jenis serangga yang sangat digemari oleh walet adalah serangga bersayap bening, seperti semut bersayap, lebah, kumbang, laron, lalat, hama tanaman padi, seperti wereng, capung, belalang, dan lain-lain yang pada umumnya serangga tersebut berukuran 0.2 – 2.5 milimeter. Jadi lokasi yang paling serasi dengan mata rantai makanan dari burung walet adalah daerah yang di sekitarnya masih terdapat lahan persawahan / hutan.

Jangka Pendek (1-2 hari)

Caranya adalah dengan menangkap serangga-serangga yang beterbangan di sekitar kita secara manual, misalnya semut bersayap, wereng, laron di sekitar rumah kita.

Jangka Panjang (3-4 bulan)

Cara ini dilakukan untuk menghasilkan serangga-serangga terbang kecil dalam waktu yang lama dan berkelanjutan. Cara ini juga dapat mengatasi kurangnya ketersediaan makanan dari alam saat musim kemarau. Cara ini dapat dilakukan dengan cara membuat kolam, budidaya serangga dan memproduksi kutu.

Membuat Kolam

Pembuatan kolam disekitar rumah walet sebaiknya di tambahkan tanaman-tanaman air di atas kolam karena tanaman air akan dapat memicu perkembangbiakan serangga air yang akan menjadi makanan burung walet.

Budidaya Serangga

Budidaya serangga bisa dilakukan di dalam ataupun di luar rumah walet. dengan menggunakan sayur-sayuran atau buah-buahan busuk yang dapat menghasilkan serangga, seperti pepaya, pisang, nanas atau sampah dari dapur ibu kita di rumah.

Memproduksi Kutu

Kutu adalah salah satu pemancing walet agar mau tinggal dan bersarang. Kutu sangat disukai walet karena merupakan salah satu makanan kesukaan burung walet. Apabila di salah satu ruangan terdapat banyak kutu, maka walet akan menetap dan nantinya akan bersarang di sana.

Cara yang mudah dan murah untuk mendapatkan kutu terbang adalah dengan menggunakan dedak atau membeli pakan burung walet yang tersedia di toko-toko walet dan di internet dan cara ini sangat efektif dan mambu bertahan hingga 4 bulan (tergantung banyaknya populasi burung walet dalam rumah burung walet tersebut).

Dengan menggunakan cara jangka panjang maka hasil yang akan kita dapatkan lebih maksimal dan membuat burung walet lebih betah di rumah walet kita.

Sekian informasi dari saya mengenai aneka macam cara membuat pakan untuk burung walet, semoga bermanfaat dan salam sukses.

0 Response to "Aneka Macam Cara Mudah Membuat Pakan Burung Walet"

Posting Komentar