Takutkah Burung Walet Dengan Cahaya Lampu ?


Takutkah Burung Walet Dengan Cahaya Lampu ? - Pernahkah anda melihat rumah burung walet atau gedung burung walet orang yang di atas LMBnya ada lampu ?. Jika pernah sepertinya pertanyaan anda yang serupa dengan judul yang saya tulis sudah terjawab. Ada sebagian dari pembudidaya burung walet yang memasang lampu di atas LMB miliknya guna mencegah burung hantu masuk dan ON OFFnya di atur otomatis dengan menggunakan alat timer, hidup sekitar jam 18.00 dan mati jam 06.00 pagi.

Dengan katanya biar binatang terbang kecil yang suka mendekati lampu datang dan menjadi makanan burung walet saat pulang sore dan sarapan pagi burung walet sebelum berangkat kerja mencari rezeki, namun penulis belum mencoba sendiri.

Takutkah Burung Walet Dengan Cahaya Lampu

Dari pengalaman penulis selama ini terjun di dunia burung walet bahwa burung walet tidak takut dengan lampu dengan 2 fakta sebagai berikut yang benar-benar saya lihat sendiri :
  1. Lantai paling dasar rumah walet kami sangat gelap dan siangpun tidak ada cahaya yang masuk, untuk mengatasi hal tersebut dipasanglah lampu watt kecil untuk membantu burung walet melihat jalannya keluar masuk lubang turun antar lantai.
  2. Rumah burung walet orang yang memasang lampu di atas LMBnya tidak ada masalah, setiap pagi selepas subuh biasanya saya jalan-jalan santai sekalian melihat perkembangan atau perubahan rumah walet orang. Kumpulan burung walet terlihat memutari rumah walet walaupun lampu di atas LMB hidup dan kabarnya si pemilik rumah walet tersebut sudah sering panen sarang walet.
Dari 2 fakta yang saya sampaikan di atas saya berani menyimpulkan Bahwa Burung Walet Tidak Takut Cahaya Lampu.

Bagi yang tidak percaya atau kurang yakin silahkan coba sendiri pada rumah / gedung burung walet anda dan tulis hasil percobaan anda di kolom komentar artikel ini.

Itu saya yang dapat saya share pada kesempatan kali ini tentang Takutkah Burung Walet Dengan Cahaya Lampu ?, semoga bermanfaat dan salam sukses.

3 Responses to "Takutkah Burung Walet Dengan Cahaya Lampu ?"

  1. Walet saya jalan 4 bln mau pasang lampu britz yang berkedip.apakah nantik nya burung walet takut.mohon informasi nya pak.

    BalasHapus
  2. Dinding sarang walet saya pakai terpal, apakah efektif pak?

    BalasHapus