Jangan Gunakan Kabel Kecil Untuk Aki Ke Alat Soundsystem Burung Walet


Jangan Gunakan Kabel Kecil Untuk Aki Ke Alat Soundsystem Burung Walet - Ini merupakan pengalaman saya yang paling berharga yaitu memperbaiki kabel dari aki ke alat walet punya paman saya yang mana hanya menggunakan kabel telpon (rakitan dari orang luar).

Saya di panggil karena saat itu listrik pln mati dan biasanya alat burung walet langsung otomatis mengambil daya dari aki, entah kenapa pada hari itu alat walet mati total dan saya pun dipanggil untuk segera datang kesana, setelah saya cek ternyata kabel yang digunakan untuk min dan plus dari aki ke alat walet hanya menggunakan kabel telpon (bayangkan kecil kabelnya).

Jangan Gunakan Kabel Kecil Untuk Aki Ke Alat Soundsystem Burung Walet

Jangan Gunakan Kabel Kecil Untuk Aki Ke Alat Soundsystem Burung Walet

Saya pegang bagian jepitan aki min dan plus terasa sangat panas lalu segera saya lepaskan kedua jepitan tersebut, pada bagian jepitas plusnya yang berwarna merah terlihat gosong dan bau terbakar, plastiknya pun meleleh. Kemudian saya coba dengan mengganti kabel tersebut dengan kabel kawat yang lumayan besar yang harga permeternya didaerah saya 6ribu rupiah.

Selesai perakitan sayapun langsung menguji coba kabel tersebut dengan menyambungkan bagian negatif dan positif pada aki, treeeeeng terdengar suara kipas alat walet berputar, tidak lama kemudian suara panggil burung walet terdengar dari rumah walet. Alhamdulillah akhirnya permasalahan teratasi.

Jadi buat teman-teman yang membaca artikel ini jangan sampai kejadian di atas terulang atau terjadi pada peralatan rumah walet teman-teman dan jika memang sudah terlanjur menggunakan kabel yang kecil untuk dari aki alangkah baiknya segera mengganti dengan kabel yang lebih besar, kuat serta tahan panasnya arus listrik atau beli jepitan aki beserta kabelnya (seperti gambar diatas) yang memang sudah dikhususkan untuk penggunaan aki jangka panjang.

Lakukan juga pengecekan air aki jangan sampai melewati batas minimum air aki apalagi sampai kering, minimal 2 bulan sekali nanti kalau dibiarkan yang rusak malah akinya.

Ini sering terjadi juga biasanya kan alat walet itu mengecas ke aki otomatis saat kondisi listrik pln hidup dan jika listik hidup siang malam dan kabel aki tersambung terus berarti aki di charge 24 jam dalam sehari ini sangat berakibat fatal bisa jadi aki meledak (sudah banyak kejadian) karena terjadi over charge atau akinya rusak (runtuh) tidak bisa dipakai lagi. Bayangkan aja seperti handphone di charge 24 jam gi mana jadinya ? pasti baterainya kembung kan. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan alat yang namanya Timer Stopkontak, pada alat tersebut kita bisa waktu sesuai selera, dengan bantuan alat tersebut aki tidak lagi di charge 24 jam tapi sudah kita atur waktunya kapan waktu charge dan kapan tidak.

Sekian berbagi pengalaman saya kali ini semoga ada manfaatnya. Maaf jika tulisannya agak berantakan mohon dipahami,, hehe. Salam sukses.

0 Response to "Jangan Gunakan Kabel Kecil Untuk Aki Ke Alat Soundsystem Burung Walet"

Posting Komentar