Apa Saja Hama atau Penyakit Budidaya Burung Walet ?


Apa Saja Hama atau Penyakit Budidaya Burung Walet ? - Disamping harga sarang burung walet yang bernilai jual mahal ada beberapa hama dan penyakit yang harus kita ketahui agar bangunan / rumah walet yang kita jalankan bisa sukses dan bisa bertahan lama. Bukan hanya 2, 3, 4 tahun panen sukses lalu seterusnya bangkrut, yang kita inginkan pasti ingin bertahan selama mungkin kecuali bangunannya hancur (ambruk).

Apa Saja Hama atau Penyakit Budidaya Burung Walet ?

Berikut ini hama dan penyakit burung walet yang harus diketahui dan di cegah kedatangannya, di antaranya :

TIKUS
Hama yang satu ini efek negatifnya adalah memakan telur-telur, anak dan bahkan sarangnya burung walet. Tikus juga mendatangkan suara yang sangat mengusik pada malam hari, kotoran dan air kencingnya yang sangat bau tidak sedap. Cara pencegahan tikus yaitu dengan menutup kemungkinan jalan atau lubang jalan masuk tikus, memasang perangkap tikus dan membuang barang bekas yang menumpuk yang tidak diperlukan agar mencegah tikus bersarang.

SEMUT
Segala macam jenis semut ini sangat mengganggu anak walet dan juga ibu walet yang sedang bertelur. Cara penanganan dengan memberi umpat di luar bangunan burung walet agar semut-semut datang mengerumuni umpan tersebut lalu siram semut dengan air panas / semprot dengan pembunuh kecoa.

KECOA NGESOT
Binatang yang ini memakan anakan burung walet yang membuat anak walet cacat fisik dan menjadi tidak sempurna. Cara pemberantasan dengan menyemprotkan insektisida serta menjaga kebersihan bagian dalam bangunan rumah walet dan membuang barang yang tidak berguna supaya tidak ada tempat persembunyian kecoa ngesot.

CICAK maupun TOKEK
Jenis binatang ini sangat merusak yaitu memakan anak dan sarang burung walet, inilah yang menyebabkan populasi burung walet pada rumah walet berkurang. Cara mengatasi dengan memasang perangkap jenis lem yang di beri umpat. Biasanya cara ini sangat efektif satu umpat bisa menangkap 4 sampai 5 cicak (berdasarkan pengalaman pribadi). Bisa juga dengan membuat saluran air di sekitar pagar / bangunan burung walet sebagai penghalang, bisa juga dengan membuat dinding bagian luar bangunan walet licin dan menutup lubang ventilasi udara dengan kawat nyamuk atau jaring nyamuk.

Itulah beberapa jenis hama yang sangat menggangu dalam berbisnis burung walet. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Saja Hama atau Penyakit Budidaya Burung Walet ?"

Posting Komentar