Benarkah Sarang Burung Walet Untuk Diabetes Efektif ?


Benarkah Sarang Burung Walet Untuk Diabetes Efektif ? - Sarang burung walet untuk diabetes ternyata memberikan banyak manfaat. Seperti yang diketahui, walet dikenal dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Bagi orang – orang yang mengalami diabetes mellitus, Anda tentu sering merasakan adanya gangguan di rongga mulut, khususnya kerusakan gusi dan juga luka di bagian rongga mulut. Kadar gula yang tinggi pada seseorang dapat memicu faktor infeksi luka di gusi dan luka di rongga mulut serta menurunkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, penyembuhan luka di gusi juga memerlukan waktu yang lama.

Bila gusi terlalu lama mengalami infeksi, hal ini dapat berakibat pada gangguan di tulang penyangga gigi. Gigi dapat menjadi kurang kuat saat mengunyah makanan dan lebih rentan patah sehingga menyebabkan ompong. Beberapa mahasiswa di UGM telah melakukan penelitian untuk menemukan solusi penyembuhan luka di rongga mulut penderita Diabetes Melitus. Mereka melakukan eksperimen dengan sarang walet untuk menyembuhkan luka di rongga mulut. Bagian yang digunakan adalah air liur walet yang sudah mengeras. Hal ini menjadi solusi untuk menyembuhkan luka dan menawarkan lebih banyak khasiat lain.

Benarkah Sarang Burung Walet Untuk Diabetes Efektif ?

Kandungan Sarang Walet yang Bermanfaat Untuk Diabetes

Sarang burung walet memiliki kandungan senyawa asam siaalat, epidermal growth factor (EGP), dan glikoprotein. Gel sarang walet ini diperoleh dengan mengeluarkan sarang walet yang ditambah dengan air dan zat pengental. Pada penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa UGM, mereka juga melakukan sterilisasi dengan UV.

Sarang walet tersebut diujikan pada tikus yang berperan sebagai hewan uji coba. Tikus – tikus diinduksi oleh zat STZ (Streptozotocin). Zat ini dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh tikus. Kadar darah normal adalah 110 mg/dL. Setelah diberi STZ kadar gula darahnya menjadi 300 – 500 mg/dL. Peningkatan kadar gula darah tersebut mengindikasikan bahwa tikus sudah mengalami penyakit diabetes. Tikus – tikus yang sudah terkena diabetes tersebut selanjutnya diberi gel sarang walet. Dari hasil pengamatan disebutkan bahwa pemakaian sarang burung walet untuk diabetes dapat menyembuhkan luka secara cepat dan sempurna.

Dari penelitian tersebut, penyembuhan luka rongga mulut pada penderita diabetes mellitus dengan bantuan sarang walet sangat penting untuk pasien diabetes. Sarang walet merupakan potensi besar dalam referensi pengobatan, terutama untuk dokter gigi yang mempunyai pasien dengan diabetes.
Sarang Walet Menurunkan Resiko Terkena Diabetes

Penelitian lainnya yang sama – sama menggunakan tikus sebagai hewan uji coba menunjukkan manfaat positif dari sarang walet. Studi tersebut menyoroti penggunaan sarang wlaet untuk menurunkan resiko seseorang dari penyakit kardiometabolik, khususnya yang berkaitan dengan insulin, seperti penyakit diabetes. Hal ini terjadi biasanya saat terjadi defisiensi estrogen, khususnya saat menopause. Para penderita defisiensi estrogen sudah banyak melakukan terapi pergantian hormon untuk membantu meningkatkan kualitas hidupnya. Namun, terapi tersebt ternyata memberikan efek samping yang tidak ringan sehingga penggunaannya harus tetap dibatasi. Studi tersebut menunjukkan bahwa sarang walet memberikan efek yang lebih besar daripada penggunaan estrogen dari segi peningkatan sensitivitas glukosa, insulin, dan menjaga keseimbangan lipid. Namun, perlu penelitian yang lebih lanjut terkait manfaat sarang burung walet untuk diabetes.

0 Response to "Benarkah Sarang Burung Walet Untuk Diabetes Efektif ?"

Posting Komentar