Jangan Menggunakan Papan Ulin Untuk Sirip Walet


Jangan Menggunakan Papan Ulin Untuk Sirip Walet - Kenapa ?,,,, Ada salah satu rumah burung walet di tempat saya yang menggunakan papan ulin untuk dijadikan kayu sirip walet agar katanya masa pakainya panjang dari pada menggunakan kayu sirip walet dari kayu biasa seperti kayu meranti misalnya.

Jangan Menggunakan Papan Ulin Untuk Sirip Walet

Tahukah anda apa yang terjadi ?

Rumah burung walet yang menggunakan papan untuk papan sirip tadi mengalami kegagalan, banyak anak burung walet yang mati dan banyak sarang burung walet yang berjatuhan dengan sendirinya.

Apa penyebabnya ?

Usut punya usut ternyata sarang burung walet tidak terlalu menempel pada papan kayu ulin, tidak ada daya isap antara papan dengan sarang burung walet.

Usia anak burung walet yang ada dalam sarang burung walet semakin hari semakin besar dan berat tubuh mereka semakin bertambah, karena sarang tidak menempel dengan kuat pada papan kayu sirip walet ulin tadi akhirnya jatuh, sedangkan anak burung walet yang belum bisa terbang tadi langsung mati.

Masih mending jika yang mati itu 1 sampai 2, ini yang mati hampir 70% dari populasi burung walet yang ada di rumah burung walet tersebut. Sangat di sayangkan.

Jadi saran saya buat teman-teman yang ingin membangun rumah burung walet sebaiknya gunakanlah kayu sirip walet yang kebanyak orang pakai, jangan lain dari yang lain, nanti yang ada malah kegagalan menghampiri.

Itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Salam sukses.

1 Response to "Jangan Menggunakan Papan Ulin Untuk Sirip Walet"

  1. Terimakasih infonya sedulur, karena saya masih baru/ pemula belum banyak tau masalah walet

    BalasHapus