Efektif Mana Antara Beskom Air, Kolam Air dan Mesin Pengabut ?


Efektif Mana Antara Beskom Air, Kolam Air dan Mesin Pengabut ? - Untuk mendinginkan rumah burung walet ada banyak cara yang bisa kita tempuh di antaranya membuat lubang fentilasi udara yang benar, memasang gabus / sterofom pada seluruh dinding, membuat kolam air, memasang beskom berisi air, memasang mesin pengabut / mesin pengambun, memasang penyemprot air ke arah dinding bagian luar rumah walet dan masih banyak lagi.

Efektif Mana Antara Beskom Air, Kolam Air dan Mesin Pengabut ?

Ada banyak permasalahan yang sering dihadapi para pembudidaya burung walet, beberapa diantaranya : burung walet sulit membuat sarang, banyak burung walet yang kabur, burung walet hanya keluar masuk dari rumah walet tapi tidak menginap dan lain sebagainya.

Salah satu penyebabnya adalah suhu dan kelembapan ruang inap tidak stabil atau terlalu panas sehingga membuat burung walet tidak betah didalam ruang inap.

Dari judul di atas dari 3 cara tersebut mana yang lebih efektif cepat menstabilkan suhu ruangan rumah burung walet ?

Kita mulai dari yang pertama !!

Beskom Air

Secara hukum alam memang air menguap namun tidak dengan cepat dan membutuhkan puluhan beskom air untuk bisa menstabilkan suhu ruang inap burung walet, bukan hanya 4-5 saja. Dari percobaan saya kemarin beskom air berisi full air hingga penuh membutuhkan 3 bulan hingga kering air dalam beskom tersebut.

Itu artinya untuk menstabilkan suhu dan kelembapan ruangan menggunakan beskom air tidak efektif karena terlalu lambat.

Kolam Air

Sama dengan beskom air yaitu hanya memanfaatkan penguapannya dan ini juga memerlukan kolam air yang besar bukan hanya di lantai paling dasar tapi di semua lantai rumah burung walet harus dibuatkan kolam airnya agar penyebaran uap air merata. Namun resikonya kolam air rawan bocor yang bisa menyebabkan papan sirip di bawah kolm air yang bocor berjamur / rusak dan membuat burung walet enggan bersarang pada daerah / lokasi tersebut.

Mesin Pengabut

Air langsung menyembur dengan bantuan kipas dari mesin pengabut sehingga dalam waktu kurang dari 20 menit (berdasarkan pengalaman) semua ruangan suhu dan kelembapannya stabil. Saat mesin pengabut hidup pun burung walet suka bermain terbang di atas semburan air yang keluar dari mesin pengabut. Untuk rumah burung walet yang memiliki 1 sampai 3 lantai cukup menggunakan 1 mesin pengabut, sedangkan untuk rumah burung walet yang lebih dari 3 lantai di rekomendasikan untuk menggunakan 2 mesin pengabut.

Konsumsi mesin pengabut juga terbilang ringan cuma sekitar kurang lebih 1 liter air untuk 1 jam mesin beroperasi.

Untuk waktu yang tepat menyalakan mesin pengabut adalah mulai jam 12 siang hingga jam 5 sore, bisa di kombinasikan dengan stop kontak timer biar ga ribet cabut pasang jek listrik. Jangan juga menghidupkan mesin pengabut mulai pagi hari hingga sore nanti kasian mesin pengabutnya cepat rusak.

Pagi itu kan tidak terlalu panas juga jadi mesin pengabut tidak terlalu berperan penting pada saat jam 6 pagi hingga jam 11 itu.

Mungkin jika di tanya bapak memakai cara yang mana ?

Rumah burung walet kami menggunakan cara yang ketiga yaitu menggunakan mesin pengabut.

Demikan saja dulu yang dapat saya sampaikan, semoga dengan tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk teman-teman pembudidaya burung walet. Salam sukses.

0 Response to "Efektif Mana Antara Beskom Air, Kolam Air dan Mesin Pengabut ?"

Posting Komentar