Cara Budidaya Walet Yang Super-Super Hemat


Cara Budidaya Walet Yang Super-Super HematDibilang hemat sebenarnya tidak juga, seperti yang kita ketahui minimal untuk  mendapatkan rumah / bangunan walet yang special adalah 100 juta, disana sudah termasuk bangunan, peralatan sound system burung walet terbaik, CCTV terbaik dengan media penyimpan video, alat surya panel / tenaga surya, perfum, pakan, sarang imitasi walet, dll.

Cara Budidaya Walet Yang Super-Super Hemat

Namun kita bisa memangkas anggaran 100 juta tersebut menjadi 50 juta atau 30 juta sudah bisa memiliki bangunan walet sendiri. Apa benar bisa ?,,,, yaa bisa banget,,, haha. Yang pertama di persiapkan adalah lokasi, selanjutnya bahan-bahan bangunan (bisa lebih hemat lagi dengan membeli barang bekas),,,, seperti papan bekas, kayu ulin bekas yang kondisinya masih bagus dan sebagainya.

Untuk peralatan sound system bisa kita pilih yang tengah-tengah aja jangan juga terlalu mahal dan jangan juga terlalu murah (nanti cepat rusak). Tidak usah memakai CCTV. Pemasangan serta perakitan tweeter dan alat walet dilakukan sendiri tanpa minta jasa pemasang alat walet, dengan ini kita sudah memangkas 20 juta (teman-teman pasti tau jasa pemasangan peralatan walet minimal adalah 15- 20 juta).

Nah dari penjelasan saya di atas kita sudah memangkas banyak sekali anggaran dana untuk mendapatkan rumah walet sederhana juga minimalis dengan biaya yang sangat-sangat hemat.

Buat yang punya bangunan / garasi / kamar kosong yang tidak terpakai dari pada tidak menghasilkan apa-apa bisa kita sulap menjadi rumah burung walet. Di tempat saya ada pembudidaya burung walet yang cuma bermodalkan 1 kamar di atas rumahnya yang sekarang sudah di sulap menjadi rumah burung walet tanpa ruang putar / rumah monyet, lubang masuk langsung ruang inap / nesting room. Sekarang sudah jalan hampir 1 tahun, kemarin dia panen sarang burung walet hampir 1 kg kurang 1 ons hanya dari sebuah kamar kosong yang tidak terpakai.

Bagaimana ? ada yang berminat mencontoh dari cerita saya di atas,,, hehe. Oke sekian cerita pengalaman saya semoga bermanfaat. Salam sukses walet Indonesia.

2 Responses to "Cara Budidaya Walet Yang Super-Super Hemat"

  1. Saya punya rumah kayu 2 tingkat, nah tingkat 2 ini jarang digunakn,sy pikir drpd mubazir mau dibuat sarang walet sebelah dgn Ukuran kurleb 3x7, krn ada burungnya terbang 4-5 ekor. Yg sy tanykn bisakah kayu bekas bongkaran dinding dijdkn sirip. Kayunya dulu pernah di cat pakai cat minyak kurleb 10 thn yg lalu. Terimakasih, jwbnya sangat sy perlukn.

    BalasHapus
  2. Sebaiknya jangan, gunakan papan sirip kayu bekas yang tidak ada catnya lebih baik

    BalasHapus