Cara Memanen Sarang Burung Walet Yang Benar Tanpa Merusak


Cara Memanen Sarang Burung Walet Yang Benar Tanpa Merusak - Memang sarang burung walet memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi apalagi di pasar Internasional. Kebutuhan negara luar akan pemasokan sarang burung walet dari Indonesia masih sangat kekurangan, apabila kita bisa mengelola / membudidayakan burung walet maka sangatlah menjanjikan.

Cara Memanen Sarang Burung Walet Yang Benar Tanpa Merusak

Namun untuk mendapatkan keuntungan yang banyak jangan sembarang memanen sarang burung walet karena akan berakibat buruk jika terjadi kesalahan pada tehnik memanen sarang. Maksud judul yang saya tulis di atas "tanpa merusak" adalah tanpa merusak sarang, tanpa merusak populasi, tanpa merusak regenerasi yang dampak buruknya akan terasa 2-3 tahun setelahnya.

Contoh jika kita memanen sarang burung walet yang masih muda (masih dalam proses pembuatan / belum selesai), sarang akan rentan sekali hancur dan kitapun rugi apalagi jika burung walet merasa terganggu belum juga sarang selesai dibikin sudah hilang pada akhirnyakan burung walet akan pindah ke tempat yang lebih aman.

Oleh karena itu kita perlu mengetahui tehnik memanen sarang burung walet yang tepat dan yang benar tanpa merusak, buat teman-teman yang masih bingung bisa mengikuti tehnik di bawah ini  :

Tehnik pilah memilah, disini kita memilih sarang burung walet yang mana yang siap di ambil / dipanen, apabila di dalam sarang ada telur / ada anak piyik walet sebaiknya kita biarkan jangan di panen tunggu hingga anak burung walet sudah meninggalkan sarang baru di ambil sarangnya, ini guna menambah populasi burung walet pada rumah walet kita dan juga sebagai regenerasi karena burung walet yang sudah tua tidak akan produktif lagi dalam membuat sarang lalu dengan adanya walet muda / anak-anak dari walet tua ini yang lebih produktif dalam membuat sarang lebih besar dan tebal, sedangkan walet tua tinggal menunggu ajal menjemput,, hehe.

Waktu yang tepat untuk memanen sarang burung walet adalah bila bentuk sarang burung sudah membentuk dengan sempurna dan walet akan mulai bertelur maka segeralah di panen usahakan memanen sarangnya 10 hari sebelum burung walet tersebut bertelur, agar burung walet cepat membuat sarang baru lagi.

Akan tetapi jangan terlalu sering memanen sarang burung walet dengan tehnik ambil sarang sebelum ada telurnya akan berakibat buruk terhadap kesehatan walet, kenyamanan walet dan juga kualitas sarang walet yang mulai merosot karena terlalu sering di panen maka sarang akan semakin menipis bentuknya dan ini akan sangat merugikan kita sebagai pengusaha sarang burung walet. Paling maksimal 4 tahun sekali dan itupun sudah termasuk sering.

Sekian dulu untuk pagi ini, semoga semakin menambah wawasan kita dalam budidaya burung walet dan salam sukses untuk teman-teman semua.

0 Response to "Cara Memanen Sarang Burung Walet Yang Benar Tanpa Merusak"

Posting Komentar