Apa Alternatif Pakan Anakan Burung Walet ?


Apa Alternatif Pakan Anakan Burung Walet ? - Anak burung walet yang baru keluar dari telurnya sangat lemah dengan warna yang kemerah-merahan dan anak burung walet ini belum mampu makan sendiri maka perlu disuapi (sama seperti anak manusia) haha.

Apa Alternatif Pakan Anakan Burung Walet ?

Alternatif makanan yang baik untuk anak walet selama ia masih disuapi adalah  :

  • Telur semut (kroto segar)
  • Serangga kecil terbang (dari buah yang busuk, seperti ubi kayu / singkong, nanas, dll)

Setelah anak walet burumur 11 hari ditubuhnya mulai tumbuh bulu-bulu sampai berumur 43 hari anak walet bisa kita lepas pada malam hari dalam gedung walet tetapi jangan langsung meletakkan mereka pada sarang imitasi pada papan sirip di atas sana, pasanglah sarang imitasi pada dinding dengan ketinggian sekitar 1.5 M dari lantai disana mereka akan belajar terbang dan pada keesokan hari mulai belajar cara terbang walet dewasa.

Burung walet merupakan burung liar yang mencari makan sendiri. Makanannya adalah serangga-serangga kecil yang ada di daerah pesawahan, tanah terbuka, hutan dan pantai / perairan. Untuk mendapatkan sarang walet yang memuaskan, pengelola rumah walet harus menyediakan makanan tambahan terutama untuk musim kemarau. Beberapa cara untuk mengasilkan serangga adalah sebagai berikut  :

  1. Menanam tanaman dengan tumpang sari.
  2. Budidaya serangga yaitu kutu gaplek dan nyamuk.
  3. Membuat kolam dipekarangan rumah walet.
  4. Menumpuk buah-buah busuk di pekarangan rumah.
Sekian informasi mengenai alternatif makanan untuk anak walet, semoga artikel ini bermanfaat. Salam sukses budidaya walet Indonesia.

1 Response to "Apa Alternatif Pakan Anakan Burung Walet ?"