Cara Mengatur Suhu Rumah Walet Sangat Penting


Cara Mengatur Suhu Rumah Walet Sangat Penting - Setelah kita mendapatkan lokais yang tepat kemudian membangun bangunan rumah walet langkah selanjutnya selain mempersiapkan alat suara walet tentunya juga bangunan harus diupayakan sesuai dengan kebutuhan burung walet agar burung walet mau singgah, menginap, menetap, betah, bersarang dan berkembang biak didalamnya.

Hal yang sangat penting ialah mengatur suhu ruangan rumah walet agar bagaimana supaya sesuai dengan habitat aslinya dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan pada rumah walet agar suhu dan kelembapan rumah walet tetap terjaga.

Cara Mengatur Suhu Rumah Walet Sangat Penting

Suhu bagian dalam rumah walet yang berada di atas 30 derajat C akan membuat liur walet cepat kering, bahkan ada banyak pengalaman dari pengalaman teman-teman kali yang sarang berjatuhan karena kepanasan (mengering) lalu jatuh dan resiko lainnya juga bisa mengakibatkan sarang retak dan keropos.

Berikut tips cara mengatur suhu ruangan rumah walet :

Membuat ventilasi udara
Bisa dengan memasang pipa PVC ukuran 4 inch dengan jarak antar lubah kurang lebih 1 m (disesuaikan dengan besar bangunan).

Mengecat dinding bagian luar
Mengecat dengan cat berwarna putih sangat membantu mengurangi intensitas penyerapan panas matahari.

Melapisi dinding dengan busa / styrofoam
Styrofoam terbukti sangat ampuh menahan panas, cara ini sangat cocok buat bangunan yang terbuat dari kayu, jadi lapisi semua dinding bangunan busa, ini bertujuan menjaga kelembapan bagian dalam bangunan.

Tinggi ruangan
Minimal tinggi ruangan antar tingkat adalah 3 meter karena tinggi rendahnya sangat mempengaruhi kondisi suhu dalam gedung / rumah walet. Usahakan suhu dalam bangunan tidak melebih dari 30 derajat C.

Menaroh beberapa beskom air setiap lantai
Beskom berisikan air ini guna membuat suhu ruangan menjadi adem / dingin dengan tujuan lainnya adalah agar air yang menguap dari beskom membuat sarang burung walet kuat tidak mudah jatuh karena kekeringan.

Itulah 5 tips Cara Mengatur Suhu Rumah Walet Sangat Pentingyang bisa teman-teman praktekkan sendiri di bangunan walet.

0 Response to "Cara Mengatur Suhu Rumah Walet Sangat Penting"

Posting Komentar