Cara Membuat Makanan Alami Burung Walet Agar Cepat Bersarang


Cara Membuat Makanan Alami Burung Walet Agar Cepat Bersarang - Seperti kita ketahui pakan merupakan faktor penting untuk keberlangsungan hidup suatu budidaya. Burung walet adalah salah satu dari burung liar yang mencari makannya sendiri di alam bebas, makanannya adalah serangga-serangga kecil yang beterbangan di udara pada daerah persawahan, hutan, perairan, lautan dan tempat-tempat lainnya.

Agar burung walet yang bermukim di rumah walet kita cepat bersarang dan juga mendapatkan sarang walet yang memuaskan, maka kita harus menyediakan makanan tambahan terutama untuk musim kemarau panjang seperti kemarin.

Cara Membuat Makanan Alami Burung Walet Agar Cepat Bersarang

Jenis serangga yang sangat di sukai burung walet adalah jenis serangga yang bersayap bening / transparant seperti semut bersayap, lebah, kumbang, laron, lalat, hama padi, capung, belalang dan serangga lainnya yang pada umumnya ukuran serangganya mulai dari 0.2 - 2-5 mm. Jadi untuk lokasi bangunan rumah walet ini sangat bagus didaerah persawahan.
Keuntungan membuat makanan tambahan adalah burung walet cepat bersarang sebab burung walet tidak terbang jauh untuk mencari makan hanya dilingkungan bangunan walet. Coba bayangkan jika walet mencari makan diluar makan maka walet sangat lamban membuat sarang, pergi pagi pulang sore.

Adapun bahan yang kita persiapan untuk membuat makan tambahan sangat mudah didapati, apalagi dimusim buah seperti sekarang ini, kita bisa memanfaatkan kulit buah yang terbuang yang kita kumpulkan yang nantinya akan membusuk dan mengeluarkan serangga.
Bisa itu kulit rambutan, kulit mangga dan buah-buahan lainnya namun hindari buah yang baunya sangat menusuk seperti durian, sebab burung walet tidak suka. Kita juga bisa memanfaatkan sisa sampah sayur mayur ibu didapur.

Itulah sedikit pengalaman yang bisa saya bagikan Cara Membuat Makanan Alami Burung Walet Agar Cepat Bersarang . Semoga bermanfaat.

8 Responses to "Cara Membuat Makanan Alami Burung Walet Agar Cepat Bersarang "

  1. Untuk menaruh pakan walet yg benar sebaiknya diletakkan dimana.?

    BalasHapus
  2. Lantai dasar,,,, agar burung walet masuk hingga ke bawah

    BalasHapus
  3. terimakasih pak infonya dan salam kenal

    BalasHapus
  4. Malam pak begini pak di rumah saya da dua burung walet mulai bersarang apa yg harus saya lakukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya segera di buatkan rumah walet, artinya tempat bapak sudah cocok

      Hapus
  5. Kalo saya buat disekitar sarang di penuhi serangga apa lbih bagus untuk ekosistem walet nya pa ?

    BalasHapus
  6. Rumah ku banyak banget burung walet nya ada di lantai 3, tapi sering di makanin kucing ku

    BalasHapus