Kapan Saat Yang Tepat Panen Perdana Sarang Walet ?


Kapan Saat Yang Tepat Panen Perdana Sarang Walet ? - Banyak sekali pertanyaan yang sering di lontarkan kepada saya soal panen sarang walet untuk pertama kalinya atau sering di sebut panen perdana, yaitu kapan waktu panen perdana sarang walet yang tepat. Apakah setelah rumah atau gedung walet berumur 1 tahun atau 2 tahun sarang walet pada gedung tersebut sudah bisa di panen ?, berapa banyak yang harus di panen apa semuanya atau bagaimana ? dan pada jam berapa sebaiknya melalakukan pemanenan sarang walet ?.

Kapan Saat Yang Tepat Panen Perdana Sarang Walet ?

Biasanya ilmu yang beredar di masyarakat masalah panen perdana adalah memanen sarang burung walet yang sudah 3 kali menetas atau sudah 3 generasi terlahir dari sarang tersebut, maka sebaiknya sarang tersebut sudah saatnya di panen agar si induk walet membuat sarang walet di lokasi yang sama. Memang stress burung walet yang kehilangan sarang tidak bisa kita hindari sama halnya dengan kita kehilangan rumah,,,, ya begitulah rasanya. Namun untuk mengurangi stress tersebut sebaiknya dalam panen perdana ini tidak mengambil semua sarang melain cuma sekitar seperempat dari total sarang dan itupun harus di pilih bagi sarang walet yang ada anak atau ada telurnya jangan di panen.

Waktu panen yang tepat atau baik yaitu sekitar jam 10 pagi sampai jam 14.00, sangat tidak dianjurkan untuk memanen sarang pada sore hari karena biasanya burung walet sudah pada pulang ke rumah masing-masing dan jika di paksakan memanen sarang pada sore hari maka tingkat stress burung walet semakin tinggi ada kemungkinan walet tersebut akan kabur atau pindah ke gedung lain yang lebih aman.

Jika hari mendung ataupun hujan sebaiknya tunda pemanenan perdana sarang walet karena biasanya jika hari mendung atau hujan ada banyak sekali burung walet yang diam didalam ruang inap, jika kita masuk secara otomatis burung-burung walet merasa terganggu atau kurang nyaman.

Jangan lupa juga setelah memanen sarang burung walet untuk menyemprotkan parfum untuk papan sirip, di semprotkan pada lokasi bekas sarang menempel dan sekitarnya, ini juga berfungsi untuk meminimalisir stress burung walet setelah kehilangan sarang dengan harapan burung walet tersebut membangun sarang kembali di lokasi yang sama atau di tempat lain yang mnenurutnya aman.

Itu saja yang dapat saya share di pagi hari ini mengenai Kapan Saat Yang Tepat Panen Perdana Sarang Walet ?, semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

2 Responses to "Kapan Saat Yang Tepat Panen Perdana Sarang Walet ?"