Kenapa Burung Walet Hanya Keluar Masuk ?


Kenapa Burung Walet Hanya Keluar Masuk ? - Banyak sekali pemilik rumah burung walet yang konsultasi dengan saya dengan berbagai macam pertanyaan, di antaranya : kenapa burung walet tidak ada yang menginap pak ? umur bangunan baru 1 bulan lebih. Kenapa hari ini ada yang menginap besok tidak ada, besoknya ada besoknya lagi tidak ada pak ?, umur rumah walet baru 3 minggu. Kenapa jumlah yang menginap setiap malam tidak sama pak ? umur bangunan walet 3 bulan dan masih banyak lagi.

Kenapa Burung Walet Hanya Keluar Masuk ?

Kunci sukses rumah / gedung walet adalah SABAR

Tidak semudah membalik telapak tangan.

Orang yang sekarang sukses memiliki rumah walet dan sudah panen puluhan kilo juga asalnya seperti anda merintis dari bawah, dikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

Untuk 3 bulan pertama memang tidak kelihatan burung walet yang menginap, yang terlihat hanya burung walet keluar masuk dan kalaupun ada yang menginap mungkin hanya beberapa ekor saja. Kadang mereka menginap kadang kabur dan jumlah yang menginap tidak menentu.

Karena dalam kurun waktu 3 bulan tersebut bisa di ibaratkan sebagai masa perkenalan rumah walet baru dengan burung walet.

Sama halnya ketika kita mendekati seorang gadis cantik nan jelita,, hehe (permainan tarik ulur itu wajar) untuk melihat respon di kedua belah pihak. Begitu juga walet.

Dalam 3 bulan tersebut burung walet melakukan pengecekan yang berulang-ulang tanpa bosan. Apakah rumah walet baru tersebut aman dan layak untuk di jadikan tempat tinggal ?. Jadi pesan saya buat para pemilik gedung walet jangan galau.

Jalani saja dulu,,,,

Setelah lewat 3 bulan dan memasuki bulan ke 4 baru akan terlihat tumpukan kotoran di beberapa lokasi yang menandakan lokasi tersebut sudah di huni burung walet.

Ini sudah menjadi titik awal kesuksesan.

Lalu bagaimana dengan rumah walet yang sudah lama kosong ?

Di tempat saya ada rumah walet yang sudah lewat 1 tahun tapi kosong melompong dan akhirnya rumah walet tersebut di bongkar (sayang sekali).

Penyebab rumah walet kosong itu bermacam-maca, mulai dari suara panggil dan inap tidak menarik, tata ruang tidak tepat, kondisi ruang inap panas, ada banyak hama pengganggu di dalam rumah walet salah satunya tikus, dll.

Ketika rumah walet anda kosong janganlah berputus asa, tetapi saran saya cari di mana letak kekurangan rumah walet anda dan langsung di perbaiki. Sebab setiap rumah walet menghadapi masalah yang berbeda-beda tidak mungkin sama.

Semoga apa yang saya sampaikan hari ini bermanfaat dan salam sukses, jangan lupa buat yang ingin mendapatkan suara burung walet berkualitas hubungi kami via sms ke Contact Center yang ada di blog ini. Terima kasih.

8 Responses to "Kenapa Burung Walet Hanya Keluar Masuk ?"

  1. Pak, baguskah jika rumah walet dibuat diatas rumah pribadi pengusaha..?
    Mohon sarannya..
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Pak, baguskah jika rumah walet dibuat diatas rumah pribadi pengusaha..?
    Mohon sarannya..
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Bisa,,,, sudah banyak yang seperti itu. Ada yang menambah di atas rumah tempat tinggal ada juga yang menambah di atas toko karena tidak ada punya lokasi lagi.

    BalasHapus
  4. Rbw on 2 bln lebih ada 1 sarang, yang bermain dan berputar putar di luar banyak dan beberapa ekor keluar masuk lmb,ketika habis hujan atau mendung, tpi ketika dekat malam, gak masuk ke lmb,, apa sebabnya,,? Mohon penjelasan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak faktor kemungkinan, bisa suhu ruangan tidak standar / suara tarik dan inap kurang menarik, dll

      Hapus
  5. Kenapa sdh 3 bulan baru satu yg menginap itupun di lobang masuk. Dekat Twitter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak faktor pak, mungkin salah satunya suhu ruangan terlalu panas

      Hapus
  6. Rbw 5x8 lubang masuk burung jikjak

    BalasHapus