2 Cara Mudah Mengatur Kelembapan Rumah Burung Walet


2 Cara Mudah Mengatur Kelembapan Rumah Burung Walet - Walet adalah hewan yang sangat senang bersarang di gua-gua lembab dengan sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali sinar matahari. Maka dari itu bagaimana cara kita membawa suasana dalam gua-gua lembab tersebut ke dalam rumah / gedung burung walet.

2 Cara Mudah Mengatur Kelembapan Rumah Burung Walet

Cara paling sederhana untuk mengatur kelembaban sarang walet adalah dengan membuat kolam didalam bangunan dimana walet bersarang. Tanpa adanya kolam, sangat sulit untuk menjaga kelembaban seperti yang kita harapkan, sehingga bukan saja walet enggan kawin dan bertelur, bahkan walet tidak betah dan pindah ke gedung / rumah burung walet lain. Walet adalah hewan berkoloni. Jika satu atau beberapa burung walet pindah, besar kemungkinan seluruh walet akan pindah sehingga kita pasti akan sangat rugi.

Air merupakan hal terpenting untuk menjaga kelembaban sarang walet, kelembaban tanpa air akan minim bahkan mungkin tidak ada kelembaban sama sekali, sesuatu dibenci walet, untuk bersarang. Semakin banyak air semakin tinggi kelembaban,hal ini sangat disukai walet karena mereka membutuhkan kelembaban untuk membuat sarang.

Pada musim kawin, yaitu musim penghujan, walet akan membuat sarang dari liur sebagai tempat mereka meletakkan telur. Agar hasil yang didapat lebih baik, kita biasanya memanen sarang walet sebelum musim hujan tiba. Hal ini dimaksudkan agar walet membangun kembali sarang baru yang lebih tebal dan lebih sempurna dibanding sarang yang dibangun pada musim sebelumnya seperti musim kemarau.

Namun kita tidak bisa mengaplikasikan pembuatan kolam untuk rumah burung walet yang berada di atas rumah / toko tempat tinggal sebab resiko kebocoran air sangat tinggi. Jadi saya menyarankan kepada teman-teman untuk menggunakan mesin pengabut / mesin pengembun saja dan itu terbukti efektif mengatur kelembapan di dalam ruang inap burung walet, saya sendiripun menggunakan mesin tersebut.

Sekian informasi yang bisa saya share tentang cara mudah mengatur kelembapan di dalam rumah burung walet, semoga bermanfaat dan salam sukses.

0 Response to "2 Cara Mudah Mengatur Kelembapan Rumah Burung Walet"

Posting Komentar