Tips Mudik Aman Berkendaraan Pribadi Ala Blog Walet


Tips Mudik Aman Berkendaraan Pribadi Ala Blog Walet - Kali ini blog walet agak sedikit melenceng dari pembahasan namun ada keterkaitannya,,,, hehe. Sebentar lagi kan bulan puasa dan lebaran dan sudah pastinya banyak dari teman-teman yang pulang kampung halaman demi bertemu dengan ayah, ibu serta keluarga tercinta. Pulang ke kampung halaman memang memiliki suatu moment yang susah diungkapkan dengan kata-kata tapi cuma bisa di rasa dengan hati.

Tips Mudik Aman Berkendaraan Pribadi Ala Blog Walet

Nah, sebelum memutuskan untuk pulang kampung meninggalkan rumah atau yang punya rumah walet / gedung walet pasti terasa berat karena selalu muncul was-was yang bermacam-macam, untuk teman-teman semua jangan risau karena saya punya solusinya. 

Untuk yang meninggalkan rumah sebaiknya cek kembali semua jendela dan pintu rumah apakah sudah tertutup rapat, cabut semua peralatan listrik yang tidak diperlukan, mulai dari tv, pc, kulkas, kipas angin, dispenser, dan juga untuk lampu depan rumah sebaiknya gunakan fitting auto sensor otomatis agar lampu hidup dan mati secara otomatis begitu hari gelap lampu langsung nyala dan begitu hari terang lampu langsung mati dengan sendirinya. Jika ada di antara teman-teman yang masih merasa ragu meninggalkan rumah ada baiknya minta bantuan keluarga / teman / orang kepercayaan untuk menjaga rumah dan tidur di rumah tersebut pada malam hari saja.

Selesai dengan masalah yang ditinggalkan kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu mengecek surat menyurat kendaraan (pastikan tidak ada yang mati) sebab biasanya musim liburan seperti sekarang ini sering sekali razia. Lalu kita cek kondisi fisik kendaraan,,,, sebaiknya ganti angin ban dan juga oli mesin sebelum berangkat, perhatikan lampu depan lampu belakang dan lampu sent apakah berfungsi dengan baik ?.

Kondisi kendaraan sudah oke maka yang harus di perhatikan selanjutnya adalah kondisi fisik pengemudi pastikan tidak dalam keadaan sakit apalagi mabuk. Dalam berkedaraan sebaiknya gunakan pakaian yang cerah (jangan hitam) misalnya jaket merah, biru atau yang lainnya sebab mata manusia lebih cepat merespon dengan warna yang cerah (ini untuk meminimalisir terjadi kemungkinan kesalahan dari arah yang berlawanan).

Jangan terlalu banyak membawa barang karena dengan barang yang banyak akan membatasi ruang gerak serta kenyamanan berkendaraan, alangkah baiknya 1 tas cukup dan jika berboncengan 2 tas sudah cukup. Jangan tergesa-gesa sampai ketujuan, jika jarak yang ditempuh untuk sampai ketujuan sangat jauh lebih baik istirahat 3 jam sekali dan buat teman yang muslim bisa memilih istirahat di mesjid / langgar sekaligus sholat 5 waktu (biar ga ketinggal),, hehe.

Jarangnya pulang kampung ini membuat kita tidak hafal kondisi jalan walaupun dulunya sering dilalui, yang dulunya kondisi jalan mulus bisa jadi sekarang berlobang-lobang, ada yang semakin rusak parah, ada yang sedang diperbaiki segala macam, oleh sebab itu jaga kecepataan kendaraan jangan sampai lepas kendali.

Demikian tips yang bisa saya share berdasarkan pengalaman saya sendiri semoga bermanfaat dan jika ada tambahan dari teman-teman silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Salam sukses.

0 Response to "Tips Mudik Aman Berkendaraan Pribadi Ala Blog Walet"

Posting Komentar