Cara Mudah Mengetahui Jumlah Populasi Burung Walet


Cara Mudah Mengetahui Jumlah Populasi Burung Walet - Tujuan kita mengetahui populasi burung walet pada sebuah gedung / rumah walet adalah untuk memperoleh data yang se akurat mungkin bukan hanya kira-kira.

Cara Mudah Mengetahui Jumlah Populasi Burung Walet

Populasi burung walet ini bisa kita ketahui dengan beberapa cara perhitungan, seperti perhitungan menggunakan jumlah sarang, jika diketahui dalam rumah walet tersebut ada 100 sarang walet maka di perkirakan ada 400 ekor burung walet dengan perhitungan 1 sarang 1 pasang burung walet jantan dan betina lalu 2 ekor anak atau walet muda.

Lalu jika bangunan walet tersebut sudah tua (lebih dari 4 tahun) maka perhitungannya berbeda sebab di sana juga ada burung walet yang sudah tua (tidak bisa membuat sarang lagi / tidak produktif) yang mana kerjaannya cuma cari makan dan numpang tidur dan menunggu hari penjemputan,,, haha. Jika diketahui jumlah sarang seperti di atas 100 sarang maka ada 600 ekor burung walet karena walet yang sudah tua dihitung 1 pasang juga.

Ada juga dengan cara perhitungan 1 per 1 yaitu kita harus rajin menghitung burung walet yang keluar masuk pada lubang masuk di pagi dan sore hari (ini sedikit membuang waktu) karena bukan seperti menghitung kelereng dan ini memakan waktu berjam-jam. Alangkah baiknya jika kita gunakan waktu untuk kegiatan lainnya.

Demikian informasi dan cara yang bisa saya share pagi ini semoga bermanfaat dan salam sukses untuk teman-teman pembudidaya burung walet.

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Jumlah Populasi Burung Walet"

Posting Komentar