Apasih Kegunaan Busa atau Sterofoam Untuk Rumah Walet ?


Apasih Kegunaan Busa atau Sterofoam Untuk Rumah Walet ? - Tidak banyak dari teman-teman kita yang mengetahui bahwasanya kunci kesuksesan budidaya burung walet adalah terletak pada suhu dalam ruangan rumah walet, yang mana jika suhu dalam ruangan rumah walet mirip dengan habitat asli burung walet, maka dengan sendirinya burung walet betah tinggal dan beranak pinak di rumah walet yang nyaman tersebut.

Apasih Kegunaan Busa atau Sterofoam Untuk Rumah Walet ?

Suhu ruangan yang sangat panas pada bagian dalam rumah walet membuat burung walet enggan menginap dan bersarang disana karena tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Maka dari itu untuk mengakali hal tersebut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah :

Pada dinding luar,  di beri cat warna putih. Seperti kita tahu, warna putih akan menolak panas matahari. Jika gedung tidak di cat atau di cat dengan warna yang gelap. Tentu warna yang gelap akan menyerap panas matahari, sehingga panas tersebut akan menembus ke bagian dalam, yang menyebabkan suhu di dalam gedung ikut tinggi.

Pada dinding bagian dalam, dilapis dengan sterofoam, yaitu gabus lembaran dengan tebal sekitar 2 cm atau yang lainnya sesuaikan dengan keperluan. Gabus putih ini lebarnya seperti triplek dan banyak di jual di toko bahan bangunan. Fungsi dari gabus ini untuk melindungi panas dari luar. Gabus ini akan menghalang panas dari luar. Sehingga suhu dalam gedung tetap tidak terpengaruh oleh panas luar.

Buatlah dinding 3 lapis, misal : papan, gabus / busa, lalu papan lagi. Ini terbukti sangat efektif menahan panas dari luar namun tidak 100% mampu menahan panas dari luar dan selanjutnya untuk mengatasi sedikit suhu panas yang berhasil masuk ke dalam ruangan bisa dengan menggunakan alat pengembun di pasang setiap lantai atau bisa juga 1 lantai saja tapi diletakkan di lantai paling dasar agar embunnya bisa naik ke atas.

Waktu yang tepat menghidupkan mesin pengembun / pengabut yaitu pada sore hari saja sebelum burung walet pulang (karena pada pagi hari kan suhu dari luar tidak terlalu panas), bisa kita mulai hidupkan sekitar mulai jam 2 siang sampai jam 4 setelah itu matikan saja setiap hari, agar tidak ribet hidup mati setiap hari alat pengembun bisa kita kombinasikan dengan timer stop kontak otomatis supaya kita gak ribet tiap hari harus hidup matikan mesin.

Sekian dulu informasi dan pengalaman yang bisa saya share semoga bermanfaat. Salam sukses.

4 Responses to "Apasih Kegunaan Busa atau Sterofoam Untuk Rumah Walet ?"

  1. selamat pagi pak.. saya rencananya akan membangun rumah walet dengan menggunakan dinding dari kalsiboard dan dilapisi styrofoam pada bagian dalamnya. apakah styrofoam pada bagian dalam ini perlu ditutupi/dilapisi dinding lagi? atau styrofoam saja sudah cukup? lalu jika styrofoam saja sudah cukup, apakah styrofoam ini harus di cat lagi ?

    BalasHapus
  2. Baiknya di lapis lagi dengan kalsiboard, jadinya 3 lapis

    BalasHapus
  3. Asl. Saya bikin rangka cor dinding asbes dibalik asbes papanlalu gabus lalu kalsibot bgai mna mnurut bpa

    BalasHapus