Pengertian Panen Rampasan, Buang Telur dan Penetasan Pada Walet


Pengertian Panen Rampasan, Buang Telur dan Penetasan Pada Walet - Ada tiga jenis atau cara memanen sarang burung walet yang benar, jadi buat yang pemula memulai bisnis burung walet jangan asal panen sebab kesalahan dalam memanen akan berakibat fatal bahkan sangat fatal jika burung walet berpindah kelain tempat.

Maka dari itu kita wajib mengetahui ke 3 cara memanen sarang burung walet yang benar, berikut caranya :

Pengertian Panen Rampasan, Buang Telur dan Penetasan Pada Walet

PANEN RAMPASAN
Cara panen ini adalah mengambil sarang walet ketika sudah siap digunakan untuk bertelur akan tetapi si burung walet belum sempat bertelur. Dengan cara ini kita memiliki keuntungan tersendiri yaitu jarak waktu panen yang cepat, kualitas sarang juga sangat bagus dan total pendapatan sarang burung walet dalam setahun sangat banyak. Akan tetapi kekurangannya dengan menggunakan cara panen rampasan sangat tidak baik pelestarian burung walet (tidak ada regenerasi) karena si burung walet belum sempat bertelur dan bisa jadi juga si burung walet sakit hati karena sarangnya di ambil sedangkan dia belum bertelur dan juga jika dilakukan terus menerus kualitas sarang akan mengecil karena tidak seimbang dengan waktu panen.

PANEN BUANG TELUR
Panen dengan cara ini yaitu setelah burung walet membuat sarang dan sudah bertelur sekitar 2 butir. Telur di ambil dan dibuang lalu kemudian sarangnya di ambil. Keuntungan dengan cara panen seperti ini keuntungannya adalah dalam setahun dapat panen hingga 4 kali dan mutu sarangpun sangat sempurna karena sempurna dan tebal dan kelemahan cara ini yakni tidak memberikan kesempatan untuk walet untuk menetaskan telurnya.

PANEN PENETASAN
Cara panen yang terakhir ini adalah memanen sarang ketika anak-anak walet sudah menetas dan sudha bisa terbang. Kelemahan pola panen penetasan ini yaitu mutu sarang yang sudah mulai rusak dan dicemari oleh kotoran anak-anak walet. Sedangkan keuntungannya adalah burung walet dapat berkembang biak dengan tenang sehingga populasi burung walet bisa meningkat dengan cepat. Pola panen ini sangat cocok untuk bangunan yang baru mulai dari 0 tahun hingga 5 tahun guna memperbanyak penduduk di bangunan baru tersebut, nah,, setelah populasinya padat kita bisa menggunakan 2 cara di atas yaitu panen rampasan dan panen buang telur.

Demikianlah 3 cara panen sarang burung walet yang wajib dan harus di ketahui. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Panen Rampasan, Buang Telur dan Penetasan Pada Walet "

Posting Komentar