3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet


3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet - Suara inap pada rumah burung walet harus selalu ON 24 jam nonstop, kalau suara pada rumah walet mati sudah pasti burung walet pada kabur, kalau tidak percaya silahkan coba sendiri pada rumah walet anda dan untuk mengatasi saat listrik PLN padam adalah dengan menggunakan aki sebagai sumber daya cadangan sampai listrik PLN kembali hidup.

Pada artikel ini penulis akan share 3 jenis aki yang bagus untuk budidaya burung walet dan sedikit cerita pengalaman selama menggunakan aki untuk rumah walet kami.

Selama ini baik listrik PLN hidup ataupun mati rumah walet kami tidak ada masalah sebab kami menggunakan aki yang juga dihubungkan dengan surya panel / tenaga surga, jadi walaupun listrik PLN mati selama beberapa hari ataupun sampai sebulan masih aman karena masih ada sumber daya abadi yaitu matahari.

Berikut Ini 3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet :

GS PREMIUM

3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet

Aki jenis premiun dimana aki tersebut belom terisi cairan elektrolit atau sering disebut air aki zuur, jadi Aki dikirim dari pabrikan langsung dalam bentuk kosong tidak ada cairanya dan jika mau digunakan barulah aki tersebut diisi dengan cairan elektrolit (air zuur)

Aki jenis ini rentan penguapan pada cairan elekrolitnya karena komponen material grid yang positif dan negatif nya masih menggunakan antimon alloy atau timah biasa. maka dari itu untuk aki jenis premium ini harus memonitor atau kontrol pada penguapan air akinya, jika kurang tambahkan sampai batas upper level dan jangan sampai berlebihan, jika berlebih maka akan menimbulkan kerak di sekililing terminal aki.

Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan aki jenis premium ini pada rumah walet penguapan termasuk cepat, ada salah satu aki kering air akinya sebab kelalaian saya (selama kurang lebih 1 tahun), ada satu lagi aki yang di tambah air akinya 1 tahun yang lalu dan tahun ini kelupaan, untung air akinya tidak sampai kering, air aki menyusut kurang lebih 3 CM dari batas level atas.

Jadi kesimpulannya untuk aki jenis premium ini kita harus rutin cek batas air aki paling cepat 2 bulan sekali atau paling lama 5 bulan sekali. Karena apabila aki sempat kering airnya bisa menyebabkan kerusakan pada elemen aki.

Aki jenis premium harganya sangat terjangkau.

GS HYBRID

3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet

Aki jenis Hybrid ini yaitu Aki yang sudah terisi cairan eletrolit dan arus listrik dari pabrikan langsung, sehingga Aki tersebut bisa langsung digunakan dan laju penguapannya pun lebih rendah jika dibanding dengan aki jenis premium.

Salah satu material grid pada jenis yang hybrid ini sudah menggunakan calcium alloy, material grid calcium alloy inilah yang bisa menekan laju pengupan air aki. Untuk aki jenis hybrid ini masih dibutuhkan perawatan untuk penambahan air akinya.

Untuk penambahan air aki pada aki jenis premium dan hybrid yaitu menggunakan air aki murni (botol biru / tutup botol biru) yang bukan zuur atau air sulingan.

Berdasarkan pengalaman menggunakan jenis aki hybrid pada rumah walet kami sangat memuaskan karena selama 2 tahun penggunaan penguapan pada air sangat sedikit sekitar kurang lebih 0,3 CM. Aki jenis hybrid ini menurut saya sangat cocok untuk mesin walet. Kita bisa cek level air 1 tahun sekali atau 2 tahun sekali.

Aki jenis hybrid ini harganya menengah.

GS MAINTENANCE FREE (MF)

3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet

Aki jenis Maintenance free ini bisa dikatakan penyempurnaan dari battery pendahulunya yaitu battery premium dengan hybrid.

Battery maintenance free yaitu sebuah aki yang sudah terisi air aki dan arus listrik dari pabrikan langsung sehingga batterynya siap pakai atau siap digunakan, kelebihan dari aki maintenance free ini yaitu bebas perawatan untuk penambahan air aki, karena kedua material grid yang positif serta negatif nya sudah menggunakan calcium alloy, material grid inilah yang mempengaruhi untuk laju penguapan air aki.

Untuk aki jenis maintenance free ini penulis belum pernah mencoba karena belum sampai di pasaran untuk daerah kalimantan tengah. Dari beberapa artikel yang saya baca aki jenis maintenance free ini harganya lumayan tinggi dari jenis aki hybrid.

Itulah pembahasan pada kesempatan kali ini tentang 3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Salam sukses.

0 Response to "3 Jenis Aki Yang Bagus Untuk Mesin Suara Burung Walet"

Posting Komentar