Bentuk Papan Sirip Yang Benar Untuk Rumah Walet


Bentuk Papan Sirip Yang Benar Untuk Rumah Walet - Papan sirip merupakan tempat burung walet menempelkan sarang yang memiliki peran sangat penting dalam usaha burung walet, salah dalam menata papan sirip walet maka bisa di katakan gagal total sebab tidak mungkin lagi merombak semua papan sirip yang sudah terpasang rapi, tentunya perlu dana lagi buat upah tukang membongkar dan itupun kalau ada dana.

Bagaimana dengan kita yang dana pas-pas an ? maka dari itu kita harus belajar dahulu, mengetahui ilmunya terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis burung walet.

Untuk masalah papan sirip kebanyakan orang yang sudah berpengalaman di dunia burung walet lebih cenderung memilih papan sirip walet yang tebal minimal 3 cm dan lebar 20 cm atau lebih karena semakin lebar semakin baik untuk burung walet, ibarat bus kalau busnya besar banyak muatan penumpangnya begitu juga dengan papan sirip walet.

Semakin lebar semakin banyak muatan sarang burung walet bersusun-susun dan banyak.

Bentuk Papan Sirip Yang Benar Untuk Rumah Walet

Bentuk Papan Sirip Yang Benar Untuk Rumah Walet

Semakin bagus lagi kalau papan sirip di buat kotak-kotak karena burung walet senang di tempat yang sempit sebab merasa aman dan nyaman.

Bentuk Papan Sirip Yang Benar Untuk Rumah Walet

Untuk mempercepat memikat burung walet bersarang pada papan sirip bisa dengan mengaplikasikan cara seperti menempelkan besek bambu, memasang sarang imitasi, menempel busa / gabus, memasang potongan kayu, memasang kawat ram parabola pada papan sirip walet.

Berikut ini beberapa jenis kayu yang bagus untuk dijadikan papan sirip burung walet :

Kayu Baong

Kayu baong ini warnanya putih dan ketika sudah kering berubah jadi kuning.

Kayu Ulin

Kayu ulin ini juga bagus digunakan sebagai papan sirip namun harganya cukup mahal digunakan sebagai papan sirip dan juga kekurangannya sarang burung sulit menempel pada kayu ulin jadi banyak sarang walet yang berjatuhan.

Kayu Meranti

Kayu jenis meranti juga banyak digunakan petani walet karna tahan rayap, kami juga memakai kayu jenis ini untuk papan sirip walet. Dari segi harga terjangkau (sedang) dan sarang walet menempel sempurna pada kayu meranti.

Kayu Batang Kelapa

Sebagian petani walet juga menggunakan kayu dari batang kelapa. Kayu jenis ini lebih mudah didapatkan saat ini.

Kayu Albasia

Kayu jenis albasia juga banyak digunakan petani walet,namun kayu jenis ini gampang-gampang susah untuk mendapatkannya.

Kayu Pasui

Kayu jenis ini aslinya hanya ada di sulawesi tengah.banyak petani disulawesi tengah menggunakan kayu ini.alasan mereka menggunakan kayu pasui karena hasil sarang yang menempel dikayu pasui hasilnya lebih putih atau masuk kategori super. Itu kata petani walet saya tidak tahu juga penemuan ilmiahnya.

Selain menggunakan kayu kayu diatas mereka juga memakai kayu durian, tippulu, palapi dan bullung.

Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Bentuk Papan Sirip Yang Benar Untuk Rumah Walet, semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Bentuk Papan Sirip Yang Benar Untuk Rumah Walet"

Posting Komentar