Peralatan Apa Saja Untuk Panen Sarang Burung Walet ?


Peralatan Apa Saja Untuk Panen Sarang Burung Walet ? – Hal yang paling di tunggu-tunggu dalam membudidayakan burung walet rumahan adalah panen sarang burung walet, walaupun begitu bukan berarti memanen sarang burung walet itu mudah. Kesalahan dalam pemetikan sarang burung walet akan menjatuhkan harga jual sarang burung walet.

Peralatan Apa Saja Untuk Panen Sarang Burung Walet ?

Alat untuk memanen sarang burung walet juga mempengaruhi kualitas sarang burung walet yang akan di petik. Apabila alat untuk memanen sarang berkualitas maka sarang burung walet yang didapat akan bagus juga.

Apa saja alat untuk memanen sarang burung walet ?

Berikut ini adalah standar peralatan untuk memetik sarang burung walet :

Tangga

Baik itu tangga kayu maupun alumunium untuk menjangkau tempat sarang walet yang tinggi.

Kaca Spion Motor

Untuk mengecek sarang burung walet mana yang siap panen, guna melihat apa dalam sarang yang akan di panen ada telurnya atau ada anaknya, jika ada maka di skip dulu.

Alat Semprot / Hand Sprayer

Berfungsi untuk mempermudah pelepasan sarang burung walet dari papan sirip, semprot sedikit pada sarang yang melekat pada papan sirip.

Kapi / Pisau Tipis / Cutter

Berfungsi untuk melepas sarang burung walet yang sudah di semprot dengan air sebelumnya, lakukan dengan berhati-hati agar sarang tidak rusak, patah atau hancur.

Wadah

Bisa itu ember atau wadah lainnya sebagai tempat penampung sementara sarang burung walet yang sudah di petik.

Semprotkan parfum sirip burung walet pada beberapa titik sebagai obat penenang agar burung walet tidak terlalu stress setelah sarangnya di ambil.

Setelah selesai proses pemetikan selanjutnya angin-anginkan sarang burung walet di tempat terbuka untuk mengeringkan kandungan air pada sarang pada saat proses pemetikan sebelumnya dan sarang burung walet siap di jual.

Ingat jangan terlalu sering menerapkan pola panen rampasan maupun buang telur kalau tidak ingin regenerasi burung walet di rumah walet kita mati.

Ada tambahan ?? dari teman-teman.

0 Response to "Peralatan Apa Saja Untuk Panen Sarang Burung Walet ?"

Posting Komentar