Jenis dan Kualitas Sarang Burung Walet


Jenis dan Kualitas Sarang Burung Walet – Sarang burung walet memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi karena sarang burung memiliki khasiat yang sangat banyak. Oleh karena itu sarang burung walet banyak di cari seluruh orang didunia dan banyak orang yang membudidayakannya.

Sarang burung walet sepenuhnya terbuat dari liurnya dengan sedikit campuran bulu-bulunya.

Jenis dan Kualitas Sarang Burung Walet

Sarang burung walet dapat dibedakan menjadi 2 yaitu berdasarkan asal dan warnanya.

Jenis sarang burung walet berdasarkan asalnya dikelompokkan menjadi 2 yaitu sarang burung walet goa dan sarang burung walet rumahan.

Jenis sarang burung walet yang berdasarkan warna terbagi menjadi 4 yaitu :
  1. Sarang Walet Putih – memiliki kualitas yang tinggi dan sering dikenal dengan sebutan sarang perak.
  2. Sarang Walet Kuning – Ada banyak faktor yang mempengaruhi sarang menjadi kuning di ataranya : pengambilan yang terlambat, terkontaminasi gas amoniak kotoran walet itu sendiri, tehnik penyimpanan yang salah, dll.
  3. Sarang Walet Merah – Sarang merah ini terbagi menjadi 2 yaitu permanen dan sementara. Sarang merah yang permanen di percaya memiliki banyak khasiat untuk obat dan sarang yang sementara kan berubah menjadi hitam setelah 3 bulan di simpan.
  4. Sarang Walet Coklat – Sebenarnya ini adalah warna di tengah-tengah dari warna merah menjadi warna hitam. Ini menunjukkan proses pembusukan sarang burung walet.

Salah satu faktor penentu kualitas sarang adalah warnanya. Sarang burung walet yang bermutu baik adalah yang berwarna putih sedangkan yang bermutu rendah adalah berwarna kecoklatan atau kehitaman dan warna-warna lainnya.

Mutu sarang burung walet juga ditentukan berdasarkan bentuk, tebal tipis, kebersihan dan kadar airnya.

Sekian informasi mengenai jenis dan kualitas sarang burung walet yang dapat saya sampaikan semoga ada menfaatnya untuk kita semua dan salam sukses.

0 Response to "Jenis dan Kualitas Sarang Burung Walet"

Posting Komentar