Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet


Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet - Cara penyekatan papan sirip rumah walet sebenarnya sangat mudah, yaitu jarak antara papan sirip dengan papan sirip lainnya adalah 30 CM / setengah meter dan itu sudah ukuran standarnya dengan memprediksikan bentangan sayap burung walet selebar +/- 26 CM, buat yang mau lebih lebar atau sempit silahkan uji coba sendiri, segala kemungkinan yang terjadi tanggung jawab masing-masing,, hehe.

Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet

Jenis kayu yang umum dipakai pada rumah walet :

  • Meranti
  • Bangkirai
  • Sengon
  • Jati

Kayu yang umum dipakai para budidaya burung walet adalah kayu Meranti karena harganya jauh lebih terjangkau dan banyak di pasaran serta jenis kayunya lebih empuk dan punya daya tahan yang cukup lama.
Keuntungan menggunakan sirip dari kayu adalah :

  • Gampang dibongkar-pasang dan dibentuk.
  • Pemasangan accessories lebih gampang (seperti pemasangan tweeter).
  • Biaya lebih murah.
  • Sarang burung walet yang dihasilkan bagus.

Karena burung walet suka tinggal pada bagian-bagian sudut sebab merasa lebih aman sehingga lokasi ini paling pertama dihuni burung walet. Penyekatan dapat dilakukan dengan jarak 1-1,5 m sehingga terbentuk kotak-kotak berukuran 100 cm-150 cm x 25 cm-30 cm.
Pasang sirip dengan alur melintang dari posisi lubang masuk, supaya cahaya yang masuk terhalang dan ruangan tetap gelap. Pastikan sirip terpasang kokoh dan rapat pada plafon sehingga tidak ada celah bagi kecoak atau serangga yang merugikan untuk bersembunyi.
Burung walet sangat tidak menyukai bau dari kayu baru. Oleh sebab itu kayu baru harus dijemur 5-8 bulan hingga benar-benar kering dan baunya sudah minim (untuk menghilangkan bau papan untuk tahap selanjutnya kita bisa menggunakan parfum burung walet yang khusus untuk papan sirip). Jangan lupa menyerut / dikeruk, bisa menggunakan paku, dll pada permukaan papan secara kasar sebelum di pasang agar burung walet mudah hinggap dan membuat sarang disana.

Sekian dulu informasinya. Salam sukses.

2 Responses to "Cara Menyekat Papan Sirip Rumah Burung Walet "