Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Tepat dan Benar


Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Tepat dan Benar - Ketika rumah walet sudah memasuki usia 1 tahun lebih biasanya ada beberapa sarang walet yang siap panen dan memang harus di panen karena biasanya kalau tidak di panen sarangnya akan berwarna kekuningan yang mana harga jualnya nanti juga rendah.

Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Tepat dan Benar

Memanen sarang burung walet sebenarnya sangatlah mudah tidak membutuhkan keahlian khusus, asalkan mau belajar dan mencoba saya yakin pasti bisa. Saran saya untuk sarang burung walet rumahan jangan menggunakan metode panen rampasan yaitu memanen semua sarang burung walet walaupun di dalam sarang tersebut ada anak atau terlurnya.

Yang saya sarankan adalah metode panen pilahan, kita harus memilih sarang yang betul sempurna bentuknya dan tidak ada telur maupun anak di dalam sarang tersebut.

Untuk yang ada telurnya ataupun anaknya kita tunggu sampai anak burung walet tersebut terbang (sarangnya kosong) baru di panen sarangnya. Seperti itu yang saya terapkan pada rumah burung walet agar burung walet yang sudah menjadi penduduk tetap tidak stress dan kabur ke rumah burung walet orang lain.

Jika sudah menemukan sarang burung walet seperti yang sudah saya jelaskan di atas selanjutnya menyemprotkan sedikit sarang burung walet dengan air bersih menggunakan hand sprayer agar saat di panen sarang burung walet tidak patah dan mudah lepas dari papan sirip.

Untuk rumah burung walet yang menggunakan busa atau gabus lepaskan terlebih dahulu busa baru semprot sedikit air bagian bawah sarang walet terus congkel menggunakan pisau dapur yang tipis atau kapi.

Cara mencongkel sarang burung walet mulai dari bawah dengan sedikit dorongan, jika sudah lepas lalu ke bagian samping kanan dan kiri, lakukan dengan berhati-hati agar sarang burung walet tidak rusak.

Bagi yang rumah burung waletnya menggunakan kawat ram parabola atau besek pada papan sirip lakukan dengan hati-hati dan perlahan karena biasanya sarang burung walet sangat lengket, jika masih lengket semprot lagi sedikit dengan air.

Setelah di panen bekas sarang burung walet tadi kita semprotkan parfum sirip dan di bagian samping-sampingnya agar burung walet yang punya sarang tidak terlalu stress kehilangan sarangnya dan cepat merangsangnya kembali untuk membangun sarang.

Sebelum di simpan angin-anginkan sarang burung walet yang tadi di panen agar air bekas semprotan tadi hilang, jika sudah kering barulah di simpan atau siap dijual.

Demikianlah cara panen sarang walet rumahan yang dapat saya share sesuai dengan pengalaman pribadi, semoga saja bermanfaat dan salam sukses walet Indonesia. #72

0 Response to "Cara Panen Sarang Walet Rumahan Yang Tepat dan Benar"

Posting Komentar