Apa Saja Manfaat Kotoran Walet ?


Apa Saja Manfaat Kotoran Walet ? - Jika kita bicara kotoran yaa sudah pasti kotor,,,, hehe. Tapi jika kita berbicara tentang manfaat dari kotoran burung walet akan banyak sekali manfaat yang kita dapat, baik itu untuk tanaman maupun untuk pengembangan budidaya burung walet.

Apa Saja Manfaat Kotoran Walet ?

Kalau ingin mengetahui manfaat kotoran burung walet untuk tanaman baca di sini : 12 Manfaat Kotoran Burung Walet Untuk Tanaman.

Sedangkan untuk pengembangan budidaya burung walet kotoran walet bisa kita manfaatkan untuk dijadikan parfum dan biasanya khusus rumah / gedung burung walet yang masih baru.

Cara mengolah kotoran burung walet sebagai parfum adalah sebagai berikut :

  1. Rendam kotoran walet dalam wadah tertutup selama kurang lebih 1 minggu dengan perbandingan 40 : 60 ( 40% kotoran walet dan 60% air).
  2. Setelah itu parfum dari kotoran walet siap digunakan untuk di semprotkan atau di kuaskan pada dinding rumah burung walet yang masih baru.
Kotoran burung walet juga bisa di jadikan bahan campuran pembuatan parfum untuk papan sirip rumah walet dan cara pengolahannya mungkin akan saya share di lain waktu.

Harga kotoran walet sekarang ini berbeda-beda sesuai dengan daerah masing-masing, kalau di tempat saya harga kotoran walet 1 karung 10 Kg berkisar antara 150ribu-200ribu.

Lalu adakah bahaya kotoran walet ?

Dari pengalaman selama ini belum ada sama sekali bahaya dari kotoran burung walet asalkan si pemilik rumah burung walet pandai mengelola kotoran burung walet itu menjadi hal yang lebih berguna serta rajin melakukan pembersihan ruang inap 3 bulan sekali saya rasa cukup.

Itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan salam sukses untuk pembudidaya burung walet Indonesia.

0 Response to "Apa Saja Manfaat Kotoran Walet ?"

Posting Komentar