Pertanyaan Umum Mengenai Burung Walet


Pertanyaan Umum Mengenai Burung Walet- Kali ini saya akan mengupas tuntas persoalan yang umum ditanyakan kebanyakan orang seputar usaha bisnis burung walet mulai dari A hingga Z dan apa bila ada yang kurang saya sangat senang jika ada dari teman-teman yang membantu menambahkannya pada kolom komentar di bawah dan sebelumnya terima kasih.

Pertanyaan Umum Mengenai Burung Walet

Silahkan lanjutkan membacanya :)

Apakah layang-layang itu burung walet ?

Burung walet atau Aerodramus Fuchipagus adalah burung pemakan serangga yang mampu terbang dengan kelajuan dan pergerakan yang sangat cepat. Dia tidak mendarat di tanah atau hinggap pada dahan pokon kerana kakinya yang pendek, walet biasanya didapati di gua-gua pinggir hutan, sawah, habitat yang berkayu serta di kawasan pantai. Burung ini mampu terbang dalam keadaan gelap dan membuat sarang menggunakan air liurnya. 

Sedangkan burung layang-layang sering hinggap di kabel telepon, listrik atau cabang pohong, serta membangun sarang dari daun/rumput dengan campuran tanah dan bukan dari air liurnya.

Adakah undang-undang yang sah untuk bisnis burung walet ?

Ya, usaha budidaya burung walet ini merupakan usaha yang ada undang-undangnya dan di dukung penuh oleh pemerintah kita.

Berapakah keuntungan yang didapat dari rumah burung walet yang sukses ?

Untuk rumah burung walet yang sudah melewati umur 4 tahun biasanya dalam 1 lantai ruang inap mampu menghasilkan 10-15 Kg sarang burung walet, silahkan anda hitung sendiri jika mampu panen 4 kali dalam setahun dengan hasil maksimal 15 Kg sekali panen di kalikan 10 juta per kilo.

Seperti apakah lokasi yang sesuai untuk membangun rumah burung walet ?

Kawasan yang cocok untuk di bangun rumah burung walet adalah seperti pinggir hutan, ladang kelapa sawit, sawah, tepi pantai dan kolam, yang mempunyai potensi makanan seperti serangga dan sumber minuman yang banyak dan berlimpah.

Perlukah suara burung walet di putar 24 jam sejak pertama beroperasi ?

Pengaturan suara rumah burung walet yang benar adalah sebagai berikut : untuk suara dalam / inap walet di putar selama 24 jam, sedangkan untuk suara luar / suara panggil burung walet di hidupkan mulai dari jam 5 pagi sampai jam 7 malam setelah itu dimatikan.

Adakah penyakit / hama dari burung walet ?

Tidak ada, karena burng walet makan serangga yang terbang di di udara, sedangkan kotoran yang ada di ruang inap sebaiknya di bersihkan secara berkala minimal 2 bulan sekali agar tidak mengundang kutu atau kuman atau hama yang membawa penyakit dan bisa menyebabkan penularan penyakit.

Saya memiliki sebuah rumah berukuran 6 X 8 M 2 tingkat dan ingin mengubah rumah tersebut menjadi rumah burung walet. berapakah anggaran biaya yang diperlukan ?

Untuk anggaran biaya itu berbeda-beda untuk setiap lokasi maupun daerah dan sebaiknya konsultasikan dengan tukang bangunan di daerah anda agar mendapatkan anggaran biaya yang akurat. Begitu juga yang mau membuat ruamh burung walet dari nol di tanah kosong sebaiknya konsultasikan dengan tukang bangunan daerah setempat untuk mendapatkan rincian anggaran biaya, banyak bahan banguan yang di perlukan dan sebagainya.

Apa perbedaan sarang burung walet rumahan dengan sarang burung walet gua ?

Sarang rumah berwarna putih dan lebih bersih serta terdiri dari 85-95% air liur dengan harga yang tinggi sedangkan sarang gua biasanya berwarna hitam dan lebih kotor di mana 85% adalah bulu serta perbandingannya 1:5 lebih rendah berbanding dengan sarang rumah.

Bolehkah burung walet ini diternak dan bagaimana cara kita mempelajari tentang penternakan burung walet ?

Pada dasarnya burung walet hidup di alam bebas, namun kita juga bisa menernaknya sama seperti ayam ras. Tapi perlu dana yang sangat besar. kita harus membuat lokasi yang sangat luas dan full tertutup kaca. Disana ada ruang inap, ada ruang bermain, ruang penetasan, ruang pengembang biakan serangga dan lain-lain

Bagaimana cara saya menghitung jumlah burung walet yang sudah menjadi penduduk rumah burung walet saya ?

Untuk mendapatkan hitungan yang pasti anda bisa melihat tumpukan kotoran pada ruang inap dan biasanya 1 tumpukan itu terdiri dari 1 pasang burugn walet.

Bagaimanakah caranya untuk mendapatkan sarang burung berwarna merah ?

Sarang merah terjadi disebabkan karena mineral dari makanan serangga didekat laut (kandungan zat besi yang tinggi) dan bukan disebabkan oleh burung tersebut kelelahan sehingga mengeluarkan darah.

Siapakah pemangsa / hama utama burung walet ?

Pemangsa utama bagi burung walet adalah cicak, lipas, tikus, burung hantu, biawak dan lain-lain termasuk manusia (pencuri sarang burung) ini merupakan pemangsa yang utama.

Rumah burung saya telah berjalan 6 bulan yang lalu dan mempunyai suhu, kelembapan dan pencahayaan yang sesuai tetapi mengapa burung walet masih tidak berminat untuk membuat sarang ?

Rumah burung yang sukses bukan sekedar mengaplikasikan gua kedalam rumah burung walet semirip mungkin tapi banyak hal-hal lain juga yang diperhatikan untuk menarik minat burung walet membangun sarang. Bisa juga burung walet yang menginap di rumah burung walet anda masih muda dan belum siap kawin dan membuat sarang.

Material apakah yang baik untuk membangun rumah burung walet ?

Material yang paling baik untuk membangun rumah burung walet adalah bata merah karena sudah terbukti mampu menstabilkan suhu dan kelembapan dalam ruangan dan material yang terbaik no urut 2 adalah kayu dilapis dengan busa. Sedangkan material yang terbuat dari pasir dan semen kurang disukai burung walet karena baunya.

Adakah cara meningkatkan mutu dan kualitas sarang burung walet rumahan ?

Mutu sarang burung dapat ditingkatkan dengan menstabilkan suhu pada 25-29 darajat Celcius dan kelembapan antara 85-90% di samping kebersihan dan keadaan dalam rumah burung perlu diperhatikan

Mengapa masih ada rumah burung walet yang gagal, di mana letak kesalahannya ?

Kurangnya pengetahuan, pengalaman dan pengkajian terhadap teknik-teknik dan tidak mengikuti kehendak burung walet menyebabkan faktor utama kegagalan sesebuah rumah burung walet. Banyak orang yang menyalahkan bahwa kesalahan oleh si pemasang alat suara burung walet, sebernya itu tidak semua 100% salah si pemasang. Yang harus kita jaga dalam budidaya burung walet adalah bagaimana menjaga suhu, kelembapan, cahaya, kebersihan, kualitas bunyi dan lain-lain tetap maksimal.

Jika semakin banyak rumah burung walet yang berdiri setiap bulan apakah akan ada penurunan nilai jual di pasar dunia ?

Indonesia (60%), Thailand (20%), Malaysia (7%) dan lain-lain Negara (13%) merupakan pengeluar utama sarang burung dan cuma mampu menyumbang 30% dari permintaan pasaran dunia dan burung walet ini tidak ada di tempat lain sedangkan permintaannya / pembelinya bertambah setiap tahun.

Apakah sarang burung walet ini halal untuk di makan ?

Sarang burung walet adalah halal di makan dan buat yang tidak percaya silahkan buka postingan saya sebelumnya yang membas mengenai halal tidaknya sarang burung walet di sini : Halalkah makan sarang burung walet ?

0 Response to "Pertanyaan Umum Mengenai Burung Walet"

Posting Komentar