Cara Perawatan Rumah Burung Walet Setiap Setelah Panen


Cara Perawatan Rumah Burung Walet Setiap Setelah Panen – Kesalahan Dalam memanen sarang burung walet akan berakibat sangat fatal bagi rumah burung walet maupun burung walet itu sendiri terlebih lagi itu adalah panen perdana.

Ada kemungkinan burung walet merasa terganggu lalu berpindah tempat ke rumah burung walet punya tetangga.

Cara Perawatan Rumah Burung Walet Setiap Setelah Panen

Untuk melakukan pemetikan sarang burung walet perlu cara dan ketentuan agar sarang burung walet yang di panen bisa memenuhi sarang burung walet yang baik dan standar untuk dijual. Para pemilik gedung / rumah brung walet harus mengetahui teknik panen, pola panen dan waktu panen yang benar.

Ada 3 pola panen sarang burung walet yang dapat dilakukan oleh kita pemilik burung walet yaitu :

Panen Rampasan

Cara panen ini yaitu mengambil sarang burung walet yang sudah jadi (selesai di bangun) tapi belum ada isi telurnya.

Panen Buang Telur

Cara panen ini yaitu mengambil sarang burung walet yang sudah ada telur dalam sarangnya dan telurnya di buang atau dijadikan pakan ikan lele.

Panen Penetasan

Cara panen ini dilakukan dengan mengambil sarang burung walet yang anaknya sudah menetas dan sudah terbang meninggalkan sarang.

Dari ke 3 pola panen di atas saya lebih menyarankan menggunakan pola Panen Penetasan saja untuk panen perdana guna meningkatkan populasi dan regenerasi burung walet. Sedangkan untuk panen ke 2 dan selanjutnya bisa menggunakan pola panen rampasan dan pola panen buang telur tapi jangan terlalu sering agar burung walet tidak takut dan stress lalu kabur serta supaya adanya regenerasi.

Waktu panen terbagi juga menjadi 3 yaitu : panen 4 kali setahun, panen 3 kali setahun dan panen 2 kali setahun.

Cara panen burung walet yang benar juga harus menggunakan spray air bersih saat sebelum mencongkel sarang burung walet untuk menghindari sarang burung walet patah saat pemanenan.

Setelah panen sebaiknya sekalian lakukan pembersihan kotoran sarang burung walet untuk mengurangi kadar amoniak dan nitrit pada ruang inap burung walet, tujuannya supaya sarang burung walet yang didapat putih bersih. Kotoran burung walet bisa kita jual kepada orang lain yang baru membangun sarang burung walet.

Lakukan pengecekan tweeter inap satu per satu siapa tau ada yang mati / rusak dan jika ada langsung ganti.

Kebutuhan akan sarang burung walet di pasar Internasional sangat besar dan masih kekurangan persediaan sarang burung walet untuk dunia. Sarang burung walet merupakan komodoti ekspor yang bernilai tinggi dan budidaya burung walet sangat menjanjikan jika kita bisa mengelola dengan baik dan intensif.

Demikianlah informasi perawatan apa saja yang harus dilakukan setiap kali selesai panen sarang burung walet, semoga bermanfaat buat teman-teman semua dan salam sukses walet Indonesia.

0 Response to "Cara Perawatan Rumah Burung Walet Setiap Setelah Panen "

Posting Komentar