Cara Simple Mengusir Tikur Dari Rumah Burung Walet


Cara Simple Mengusir Tikur Dari Rumah Burung Walet - Tikus adalah salah satu hewan perusak dan pengganggu yang hampir 90% ada di setiap tempat tinggal kita, keberadaan tikus di sekeliling kita sangat membuat kita tidak nyaman karena menimbulkan suara yang sangat gaduh dan juga bau air kencingnya yang sangat mengganggu pernafasan.

Terlebih lagi buat teman-teman pembudidaya burung walet tentu saja keberadaan tikus ini sangat merugikan karena tikus bisa memakan sarang dan juga anak burung walet, serta burung walet sangat tidak suka dengan aroma air kencing tikus dan ini bisa menjadi salah satu penyebab burung walet pindah / kabur.

Cara Simple Mengusir Tikur Dari Rumah Burung Walet

Ciri-ciri adanya tikus di dalam bangunan rumah walet adalah adanya suara tikus / adanya kotoran yang mirip kotoran cicak tapi keras tanpa ada putih di atasnya dan juga tercium bau air kencing tikus yang sangat menusuk hidung. Apalagi jika dalam ruangan rumah burung walet dilengkapi dengan kamera cctv maka akan terlihat jelas tikus keluyuran di lantai dan turun naik antar lantai.

Berikut ini ada beberapa cara yang sangat efektif, ampuh dan sudah diujicoba (berjalan sukses 100%) untuk mengusik tikus dan hal yang paling penting adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah / bangunan walet, simak tipsnya di bawah ini  :

  1. Menggunakan minyak mint yang dioleskan pada kapas / kertas dan kemudian di letakkan pada jalan yang sering dilalui tikus (tikus sangat tidak suka bau mint).
  2. Menggunakan perangkap tikus kita dapat memancing tikus masuk perangkap dengan meletakkan umpan seperti ikan kering, kacang / coklat dan pastikan memasang perangkap pada lokasi yang tepat agar tidak sia-sia.
  3. Menggunakan kapur barus, pertama tumbuk kapur barus agar hancur menjadi kecil kemudian sebarkan ke tempat yang biasa dilalui tikus / disarangnya. Cara ini tergolong mudah, murah, tikus pergi dan rumahpun wangi (namun cara ini harus dilakukan secara berkala).
  4. Menggunakan racun tikus, untuk cara ini tidak penulis sarankan karena biasanya tikus yang mati akibat racun ini ditempat-tempat tersembunyi / tempat yang sulit dijangkau sehingga menimbulkan bau busuk bangkai hingga kurang lebih 2 minggu.
  5. Menggunakan lem tikus, ini sangat efektif dengan umpan di tengah lalu dikelilingi lem tikus,,,, tikus yang terjebak / lengket tidak akan bisa kabur lagi tinggal di bunuh dan di buang.
Jika dirasa tikus sudah menghilang / kabur maka saatnya untuk menutup semua jalan akses tikus masuk ke dalam bangunan baik itu celah yang tidak kita sadari sebelumnya ataupun lubang yang dibuat tikus itu sendiri untuk masuk dengan papan yang seukuran lubang tersebut dan kemudian di paku.


Itulah berbagai cara ampuh mengusir tikus dari rumah burung walet / rumah tempat tinggal kita, teman-teman dapat memilih dan menilai sendiri cara mana yang lebih efektif untuk mengusir tikus-tikus nakal di rumah masing-masing. Mudahan-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Salam sukses.

0 Response to "Cara Simple Mengusir Tikur Dari Rumah Burung Walet"

Posting Komentar