Wajibkah Kolam Renang Pada Setaip Rumah Walet ?


Wajibkah Kolam Renang Pada Setaip Rumah Walet ? - Kelembapan bagian dalam yang sesuai standar sangat di rekomendasikan untuk rumah walet karena ini sangat berkaitan penting dengan kemudahan burung walet mengeluarkan air liurnya untuk membuat sarang dengan bentuk yang bagus, utuh dan tebal (sarang yang seperti inilah yang mempunyai nilai jual yang tinggi).

Wajibkah Kolam Renang Pada Setaip Rumah Walet ?

Untuk menciptakan kondisi kelembapan yang sesui dengan standar salah satunya dengan membuat kolam renang pada rumah walet, namun bagi saya tidak semua rumah walet cocok dibuatkan kolam renangnya. Kenapa ? karena rumah walet itu terbagi menjadi 3 :

  1. Rumah walet beton (cocok dibuatkan kolam renang)
  2. Rumah walet kayu berdiri sendiri (cocok dibuat kolam renang pada bagian dasar)
  3. Rumah walet kayu (diatas tempat tinggal - tidak cocok dibuatkan kolam renang)
Rumah walet yang terbuat dari beton dan yang berdiri sendiri sangat direkomendasikan untuk membuat kolam renangnya, semakin besar maka semakin lembab bagian dalam ruamh walet tersebut dan burung waletpun semakin betah dalamnya.

Lantas bagaimana dengan rumah walet yang dibuat diatas tempat tinggal demi mencapai kelembapan yang standar ?. ada beberapa cara atau tehnik yang bisa kita praktekkan, mulai dari yang pertama :
  1. Letakkan beskom berisikan air pada setiap sudut di setiap lantai (semakin banyak semakin baik).
  2. Memakai mesin pengabut / mesin pengembun (dengan rentang penggunaan 1 - 2 jam pada pagi dan sore hari).
  3. Meletakkan beberapa beskom pada setiap lantai berisikan air dan kipas yang dihadapkan pada permukaan air, agar angin yang berhembus berisikan pertikel-partikel air (gunakan pada siang hari saja pagi hingga sore).
3 cara diatas sudah terbukti berhasil dan setiap rumah walet sekarang ini mengaplikasikan cara tersebut dan juga sangat tidak mengganggu aktifitas burung walet dalam ruangan tersebut malah menambah populasi burung walet tersebut. Yang penting tujuan dari pemenuhan kelembaban suhu di dalam gedung walet tercapai.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam sukses untuk kita semua.

11 Responses to "Wajibkah Kolam Renang Pada Setaip Rumah Walet ?"

  1. Punya saya kulamnya ada dilantai dasar' karna lantainya dasarnya lansung ke tanah, ya saya buat lubang yg menyerupai kulam. Apkah kulam yg seperti itu berpengaruh terhadap brng walet? Tolong d bantu

    BalasHapus
  2. Iyaa pak akan lebih baik lagi jika di tambahkan mesin pengembun

    BalasHapus
  3. Apa musti sarang walet kolam airnya selalu terisi air

    BalasHapus
  4. Kalo atap gedung cor trus di bikin kolam ga usah di tutup genteng baguskah untuk kelembaban

    BalasHapus
  5. Kalo atap gedung yg pake cor di bikin kolam ga usah di tutup genteng baguskah untuk kelembaban/membantu walet berdatangan

    BalasHapus
  6. Bagus pak,,, dah banyak yang buat seperti itu

    BalasHapus
  7. mau nanya mas.. kalau kandang walet saya lantai dasarnya tidak saya cor.. alias langsung ke tanah.. apakah itu berpengaruh?

    BalasHapus
  8. ASS...mhn m'f sblumx bang.tpi ada orang yg Blang jg klo pakan tambahan walet bsa di buat jg ktax bang.klo blh tau apa z si bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja kalau bisa meraciknya, kalau saya tidak bisa

      Hapus